Kepulauan Seribu

Kastara.ID, Jakarta – Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu melakukan penebaran benih ikan bandeng.

Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidaya mengatakan, 36 ribu ekor benih ikan tersebut ditebar di kolam miniatur dekat Dermaga Utama Pulau Pramuka, kolam gobah Kelurahan Pulau Untung Jawa, kolam di Pulau Lancang Kelurahan Pulau Pari dan kolam di Kelurahan Pulau Tidung.

“Kita awali di Pulau Pramuka, kemudian Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kelurahan Pulau Pari, dan Kelurahan Pulau Tidung. Masing-masing setiap lokasi mendapat 9.000 ekor benih bandeng,” ujar Devi (5/7).

Menurutnya, benih ikan bandeng ini nantinya akan dikelola bersama dengan pihak kelurahan setempat. Penebaran benih bertujuan mengembangkan budi daya bandeng di Kepulauan Seribu memanfaatkan kolam yang ada di setiap kelurahan.

“Kami juga memberikan jaring dan pakan bandeng sebagai sarana dan prasara untuk mendukung budi daya,” katanya.

Ditambahkan Devi, melalui budi daya ikan bandeng yang ditempatkan di titik area wisata diharapkan dapat menambah daya tarik bagi pengunjung. Wisatawan bisa memberikan pakan ikan yang sudah disiapkan oleh petugas kelurahan.

“Semoga ini dapat bermanfaat bagi masyarakat di Kepulauan Seribu dan membantu masyarakat dalam pemenuhan gizi keluarga,” tandasnya. (hop)