Pengerukan

Kastara.ID, Depok – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok  melakukan pengerukan saluran air yang mengalami pendangkalan. Musim kemarau yang panjang ini memberikan dampak menyusutnya volume air hingga menyebabkan pendangkalan di sejumlah saluran air di Kota Depok.

Kabid SDA PUPR Depok Denny Setiawan dan Kasi Pemeliharaan SDA PUPR Depok Bahtiar Ardiansyah menjelaskannya di lokasi pengerukan Kali Stangklek, Beji Timur, Selasa (6/8).

Menurut Bahtiar, pengerukan sedimentasi atapun sampah yang ada disaluran, setiap hari dilakukan pengerukan. Untuk pengerukan ini yang sedang dikerjakan satgas SDA bersama personel TNI dari Kodim 0508/Depok di Kali Stangklek, Beji Timur itu, merupakan giat sinergi dalam rangka karya bakti TNI.

“Sejumlah kali maupun situ yang telah dilakukan pengerukan bersama personel Kodim Depok yakni Situ Pladen, Kali Parakan Jati dan saat ini Kali Stangklek,” ucap Bahtiar.

“Pada normalisasi kali ini, kami juga menurunkan satu eskavator jenis spider. Ini sama seperti yang kami lakukan pekan lalu di Kali Parakan Jati di Sawangan,” ujarnya.

“Harapannya, setelah dibersihkan Kali Stangklek ini, masyarakat sekitar dapat menjaganya dan merawatnya dengan baik,” pungkasnya.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0508/Depok, Kapten Inf Ibrahim ikut menjelaskan, karya bakti TNI yang dilaksanakan di Kali Stangklek merupakan kegiatan non program.

“Giat bersama Dinas PUPR ini merupakan kegiatan non program. Untuk pekerjaannya akan kita laksanakan selama lima hari, dengan panjang kali yang kita normalisasi sekira 1000 meter,” kata Ibrahim. (*)