Anies Baswedan

Kastara.ID, Jakarta – Penanganan Covid-19 di ibukota semakin membaik. Hal ini menjadi kabar gembira yang disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Menurutnya, hal terpenting saat ini warga lebih sedikit yang terpapar Covid-19.

Saat memberikan keterangan di Jakarta (4/9), Anies menerangkan, bagi Pemprov DKI Jakarta yang penting adalah semakin sedikit warga yang terpapar dan semakin sedikit pula yang harus dirawat.

Jika dilihat dari angka positivity rate, saat ini Jakarta sudah berada di bawah standar yang ditentukan WHO. Artinya menurut Anies terjadi penurunan yang sangat signifikan. Bahkan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu menyebut positivity rate di DKI Jakarta saat ini sudah 3 persen.

Padahal batas yang ditentukan WHO agar sebuah wilayah dikatakan aman dan terkendali adalah kurang dari 5 persen. Jika mengacu pada batas 10 persen, Anies menegaskan, Jakarta sudah jauh di bawah dan suasananya sudah terkendali.

Anies mengaku bersyukur atas kondisi tersebut. Menurutnya keberhasilan menurunkan angka kasus aktif Covid-19 adalah hasil kerja seluruh warga ibukota. Terlebih pada Juli 2021 Jakarta sempat mengalami peningkatan kasus Covid-19 yang cukup tinggi, hingga 113 ribu kasus.

Saat ini kondisinya sudah di bawah 5 ribu. Anies menuturkan, artinya dalam satu bulan lebih seluruh warga bekerja bersama dan berhasil menurunkan angka kasus aktif Covid-19. (hop)