Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta sekaligus Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Ani Ruspitawati mengatakan, Pemprov DKI Jakarta mengapresiasi Astra atas komitmennya dalam mendukung kebijakan dan inisiatif pemerintah untuk mengurangi dampak cuaca ekstrem di Jakarta.

“Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta telah mengajak Astra untuk mendukung kebijakan dan inisiatif Pemprov DKI dalam upaya mengurangi cuaca ekstrem di Jakarta dengan melakukan uji emisi. Ajakan tersebut mendapatkan sambutan baik dari Astra, yang segera menggelar uji emisi gratis bagi para pelanggannya dalam waktu yang cukup lama, yakni dari September hingga Desember 2023,” kata Ani dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta (5/9).

Ani mengharapkan, kegiatan uji emisi gratis bagi pelanggan Astra ini dapat membantu mengurangi polusi udara, sehingga udara di Jakarta semakin sehat bagi warganya. Diharapkan pula, akan semakin banyak perusahaan atau pemangku kepentingan yang peduli dan turut berpartisipasi dalam menurunkan polusi udara di Jakarta.

Sementara Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah mengatakan, pihaknya siap memfasilitasi uji emisi secara gratis untuk kendaraan para pelanggan di sejumlah bengkel diler Astra yang tersebar di berbagai wilayah Jakarta.

Ada 45 bengkel diler Astra yang terintegrasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, tersebar di sejumlah titik, yang dapat melayani uji emisi kendaraan pelanggan Astra secara gratis, dengan melakukan reservasi terlebih dahulu,” ujar Riza.

Lokasi uji emisi gratis tersebut, lanjut Riza, tersebar di bengkel Auto2000, Astra Daihatsu, Astra Isuzu, Astra UD Trucks, Astra Peugeot, BMW Astra, Lexus, dan Astra Motor. Selain itu, terdapat tiga outlet Astra Otoservice dan dua outlet Shop & Drive yang juga siap melayani pelanggannya untuk uji emisi kendaraan secara gratis. Informasi lokasi lebih lanjut dapat diakses melalui https://bit.ly/DaftarUjiEmisiGratisAstra.

“Sebagai bagian dari komunitas warga DKI Jakarta, Astra turut mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam mendukung pemerintah mengurangi dampak cuaca ekstrem yang terjadi di DKI Jakarta dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia. Semoga usaha bersama ini memberikan dampak baik bagi kehidupan masyarakat dan lingkungan sekitar,” tutur Riza. (hop)