Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI, Bayu Megantara mengatakan, kantor pengelola TPU CBS direhab total pada tahun ini karena kondisi bangunannya sudah sangat tidak layak. Rehab dimulai pada September dan kelar akhir Oktober kemarin.

“Ini untuk meningkatkan layanan masyarakat dan ramah disabilitas. Kantor ini dilengkapi area parkir kendaraan seluas 1.400 meter persegi dan ada musala,” ungkap Bayu.

Kasudin Pertamanan dan Hutan (Tamhut) Kota Jakarta Timur, Djauhar Arifin menambahkan, kantor ini resmi melayani pelayanan pemakaman untuk TPU CBS, Penggilingan, Jatinegara Kober, dan TPU Kampung Bayur Cipinang Melayu.

Selain untuk pelayanan pemakaman warga, lanjut Djauhar, kantor ini juga dijadikan posko pohon tumbang dan tim penopingan pohon.

“Kantor ini dibangun dua lantai oleh Dinas Tamhut DKI. Di lantai dua untuk layanan masyarakat terkait pemakaman dan lantai dasar untuk posko tim penanganan pohon tumbang dan penopingan,” kata Djauhar, Senin (6/11).

Menurut Djauhar, posko tersebut sengaja disiapkan untuk penanganan pohon tumbang dan penopingan di lima kecamatan. Yakni Kecamatan Jatinegara, Matraman, Pulogadung, Cakung, dan Duren Sawit.

Sedangkan untuk Kecamatan Cipayung, Pasar Rebo, Makasar, Ciracas, dan Kramat Jati, posko sudah disiapkan di Gudang Setu, Jalan Raya Setu, Kelurahan Setu, Cipayung.

“Kami siagakan 90 personel satgas yang terbagi dalam 10 tim di posko tersebut. Mereka bekerja secara shif setiap harinya,” ungkap Djauhar. (hop)