Kegiatan yang diadakan pada 6 sampai 9 November 2023 ini diikuti oleh 148 tim dengan rincian 45 tim Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) tingkat kecamatan dan 103 tim yang terdiri dari pemilik dan pengelola bangunan gedung di wilayah provinsi DKI Jakarta.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan mengatakan, kebakaran merupakan salah satu bencana yang masih sering kita temukan sehari-hari di Jakarta dan dapat menyebabkan kerugian materi bahkan korban jiwa sekalipun.

Maka itu, perlu upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran di seluruh aspek yang lebih serius. Selain itu, peran serta masyarakat baik di permukiman maupun para pengelola gedung di DKI Jakarta sangat penting.

Satriadi menjelaskan, kegiatan Fire Safety Challenge merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang perlu dilakukan dalam upaya menanamkan kesadaran, loyalitas dan jiwa pengabdian yang tinggi bagi para relawan pemadam kebakaran dan tim tanggap darurat bangunan gedung.

“Melalui Jakarta Fire Safety Challenge yang melombakan keterampilan bagi para relawan pemadam kebakaran dan Tim Tanggap Darurat Gedung diharapkan menghasilkan ide-ide kreatif dan meningkatnya kesiapan seluruh lapisan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan penanganan kebakaran di Jakarta secara maksimal,” ujar Satriadi, saat membuka Jakarta Fire Safety Challenge 2023.

Dia menjelaskan, Jakarta Fire Safety Challenge bertujuan untuk meningkatkan rasa soliditas dan solidaritas serta jiwa korsa antara petugas Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta dengan unsur masyarakat, pemilik dan pengelola bangunan gedung. Tujuan lain yakni meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran di wilayah masing-masing.

“Melalui kegiatan ini dapat memelihara dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pemadaman, penyelamatan jiwa, serta pertolongan awal pada korban,” tandas Satriadi.

Untuk diketahui, jenis perlombaan pada Jakarta Fire Safety Challenge terdiri dari uji ketangkasan pemadaman apar, pompa portable, hidran, serta penyelamatan dan P3K.

“Saya mengajak seluruh unsur untuk bersama menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan dan tempat kita bertugas dari ancaman bahaya kebakaran dan kepada seluruh peserta Jakarta Fire Safety Challenge tahun 2023 selamat bertanding jadilah yang terbaik dan terhebat,” tandas Satriadi. (hop)