Harley Davidson

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menunjuk Direktur Keuangan PT Garuda Indonesia Fuad Rizal sebagai pelaksana tugas (Plt) Direktu Utama (Dirut) Garuda Indonesia. Hal ini menyusul pemecatan I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara dari jabatan Dirut Garuda Indonesia. Budi menegaskan keputusan tersebut sudah dikonfimasikan kebenarannya.

Hal serupa disampaikan staf khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga. Menurutnya, penunjukan Fuad lantaran yang bersangkutan tidak ikut dalam penerbangan dari Prancis ke Indonesia. Sedangkan empat direksi lainnya diketahui ikut dalam penerbangan tersebut.

Saat memberikan keterangan pada Jumat (6/12), Arya menambahkan, perusahaan maskapai penerbangan plat merah itu membutuhkan pemimpin sesegera mungkin. Pasalnya operasional perusahaan harus tetap berjalan pasca pemecatan Ari Askhara. Arya menuturkan, Fuad akan melaksanakan tugas hingga diselenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Sementara itu Komisaris Utama (Komut) PT Garuda Indonesia Sahala Lumban Gaol tidak mengakui penunjukan Fuad sebagai Plt Dirut Garuda Indonesia. Sahala mengatakan, rapat dewan komisaris Garuda baru akan dilaksanakan pada Jumat (6/12). Namun Sahala mengakui surat penunjukan sudah siap dan tinggal menunggu tanda tangan.

Seperti diketahui, Menteri BUMN Erick Thohir secara resmi memberhentikan Ari Askhara dari posisi Dirut Garuda. Hal ini menyusul ditemukannya penyelundupan motor Harley Davison dalam pesawat Airbus A330-900. Pesawat pesanan Garuda tersebut diketahui terbang dari Prancis ke Indonesia.

Saat itu Ditjen Bea Cukai menemukan 18 boks warna cokelat dan beberapa koper di lambung pesawat. Kotak tersebut diketahui berisi motor Harley Davidson yang sudah terurai. Ikut pula dalam penerbangan tersebut empat anggota direksi PT Garuda Indonesia, yakni Dirut Ari Askhara, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Mohammad Iqbal, Direktur Human Capital Heri Akhyar, serta Direktur Teknik dan Layanan Iwan Joeniarto. (ant)