Kepala Bidang Tata Kelola Sistem Elektronik dan Tranformasi Digital Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta, Alwisda mengatakan, penilaian visitasi pemantauan dan evaluasi SPBE tahun 2023 yang dilaksanakan hari ini sangat penting karena ujung kegiatan ini untuk menghasilkan indeks yang komprehensif, objektif, dan selaras dengan kondisi riil penerapan SPBE di Pemprov DKI.

“Semoga apa yang dilaksanakan dapat melampaui target yang ditetapkan serta lebih baik dari capaian indeks SPBE Pemprov DKI tahun sebelumnya,” ujar Alwisda, Rabu (6/12).

Ia mengungkapkan, kegiatan penilaian visitasi merupakan rangkaian dari pemantauan dan evaluasi SPBE tahun 2023 yang digelar serentak di seluruh Indonesia.

“Rangkaian kegiatan cukup panjang dimulai dari sosialisasi, penilaian mandiri dan dokumen yang dikirimkan oleh Instansi Pemerintah Pusat Daerah (IPPD) kepada tim asesor internal dan eksternal dari Kemenpan RB dan Universitas Telkom,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, penilaian visitasi merupakan rangkaian terakhir sehingga nantinya dikeluarkan nilai indeks SPBE Pemprov DKI 2023 pada bulan Desember.

“Dari visitasi ini dapat diketahui sejauh mana tingkat kematangan implementasi SPBE Pemprov DKI tahun 2023 yang dinilai oleh tim asesor,” katanya.

Ia memaparkan, objek penilaian visitasi SPBE Pemprov DKI Jakarta tahun 2023 akan dilaksanakan di 15 Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Fokus prioritas penilaian sesuai kebijakan dari Kemenpan RB,” tandasnya. (hop)