Omicron

Kastara.ID, Jakarta – Artis Ashanty terpapar positif Covid-19 varian Omicron usai pulang dari berlibur di Turki. Pada awalnya Ashanty melakukan karantina di hotel sebagai syarat pelaku perjalanan luar negeri tersebut. Kemudian dirinya langsung dievakuasi ke rumah sakit sesuai aturan yang berlaku.

Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Hery Trianto menjelaskan kronologi Ashanty yang dikonfirmasi terpapar varian SARS-CoV-2 B.1.1.529 atau varian Omicron sepulang dari Turki.

Hery melanjutkan, sesuai prosedur setiap kedatangan WNI non Pekerja Migran Indonesia (PMI), maka mereka harus diperiksa RT PCR oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara setempat.

Sementara untuk mencegah penumpukan, keluarga Ashanty dipersilakan ke hotel karantina sambil menunggu hasil tes PCR yang keluarnya tidak instan.

“Biar tidak terjadi penumpukan, begitu selesai mereka (keluarga Ashanty) dipersilakan untuk ke hotel. Karena hasil PCR itu 2-3 jam,” terang Hery kepada wartawan, Jumat (7/1).

“Jadi ketika pasien itu positif, dia (Ashanty) sudah di hotel, baik itu di tempat karantina terpusat maupun di hotel-hotel karantina,” katanya.

Selanjutnya, hasil tes RT PCR Ashanty menunjukkan bahwa dia positif terinfeksi Covid-19. Sesuai prosedur, Ashanty kemudian langsung dibawa ke rumah sakit rujukan Covid-19.

Apalagi hasil S Gene Target Failure (SGTF) Ashanty menunjukkan dia terpapar Omicron. Namun ia tak menyebutkan di mana persisnya Ashanty dirawat saat ini.

“Dia kena virus Omicron mestinya sudah ada hasilnya,” sambungnya.

Untuk keluarga Ashanty yang lainnya, Satgas masih terus melanjutkan pemantauan terhadap mereka selama 3-4 hari ke depan. Saat ini keluarga Ashanty masih menjalani masa karantina di hotel. (ant)