Gery Saleh Puraatmadja

Kastara.ID, Jakarta – Ada banyak cara mengajarkan hal positif kepada anak. Salah satunya dengan mendongeng. Kegiatan inilah yang dilakukan Gery Saleh Puraatmadja atau akrab dipanggil dengan Paman Gery.

Bertempat di RPTRA Taman Sawo, Cipete Utara, Jakarta Selatan (6/2), Paman Gery melakukan aksinya mendongeng untuk anak-anak.

Berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta, acara mendongeng Paman Gery yang dikemas dalam tema ‘Jakarta 4.0: Cerita Kota Kita’ ini dilakukan secara daring melalui livestreaming Instagram akun @beritajakarta, @paman_gery, @dongengpamangery, dan @temanceritaku.

Dalam lakon dongengnya kali ini, Paman Gery berkisah tentang pentingnya menjaga lingkungan agar tetap hijau dan asri. Lewat dongengnya ini, Paman Gery menyampaikan pesan kepada anak-anak bahwa penghijauan sangat diperlukan untuk memperbaiki kualitas udara Jakarta menjadi lebih bersih.

“Melalui mendongeng ini, kita mengampanyekan betapa pentingnya menjaga lingkungan sekitar kita. Agar tanaman bisa tumbuh subur maka harus dirawat dan dijaga bersama. Karena tanaman atau tumbuhan ini merupakan sumber oksigen, yang notabene kebutuhan masyarakat setiap saat,” kata Gery.

Menurutnya, jika lingkungan tidak bisa dijaga, tanaman banyak ditebang maka alam menjadi gersang dan kering kerontang. Hal ini dapat mengancam kenyamanan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan oksigen. Sejatinya, oksigen ini hanya bisa dihasilkan dari tanaman. Karena itu tanaman harus dirawat dan dijaga dengan baik.

“Namun cara penyampaian kita kepada anak-anak tentu melalui mendongeng. Agar mereka cepat menangkap dan memahami. Sehingga ke depan mereka juga bisa bersama-sama menjaga dan merawat lingkungannya masing-masing,” lanjut Gery.

Rencananya, kegiatan mendongeng ini akan dilakukan tiga pekan sekali dengan lokasi dan tema berbeda-beda.

Sementara Lurah Cipete Utara, Nurcahya, mengapresiasi kegiatan mendongeng seperti ini untuk memotivasi anak-anak agar ikut peduli menjaga lingkungan.

“Kegiatan mendongeng seperti ini sangat bagus untuk mengedukasi anak-anak di masa pandemi seperti ini. Kegiatan dilakukan secara virtual, anak-anak bisa menyaksikan melalui medsos yang sudah kita informasikan ke mereka,” pungkasnya. (hop)