Berita

Sertifikat Tertib Ukur 58 Pasar di Jakarta Diserahkan Dinas PPKUKM

Ratu mengatakan, 58 pasar mendapatkan predikat Pasar Tertib Ukur berdasarkan hasil penilaian PTU tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Kementerian Perdagangan RI.

Ratu menyampaikan, pasar yang telah memperoleh predikat PTU memberikan manfaat antara lain jaminan kebenaran atas sejumlah barang yang akan dibeli oleh konsumen dan meminimalisasi praktik penyimpangan perdagangan yang merugikan masyarakat.

“Selanjutnya, dapat meningkatkan citra pasar rakyat khususnya sehingga meningkatkan daya saing dalam menghadapi pasar global,” ujar Ratu didampingi Kepala UP Metrologi Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Nurhidayat, di Pasar Rumput, Jakarta Selatan.

Dia menjelaskan, pemerintah berkewajiban menjamin kebenaran hasil pengukuran dalam rangka mewujudkan perlindungan terhadap konsumen, pelaku usaha dan masyarakat di antaranya melalui pembentukan Pasar Tertib Ukur yang meliputi pembinaan terhadap penggunaan dan peredaran alat Ukur, Timbang, Takar dan Perlengkapannya (UTTP), Barang Dalam Keadaan Terbungkus (BDKT), dan Satuan Ukuran.

Petunjuk teknis pembentukan PTU yang diterbitkan oleh Kementerian Perdagangan mensyaratkan beberapa kriteria yaitu manajemen pasar memiliki data UTTP di pasar, UTTP di pasar telah bertanda tera sah yang berlaku.

Dia menambahkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama manajemen Perumda Pasar Jaya telah memberikan penjelasan penggunaan UTTP yang benar kepada pedagang dan pemerintah daerah mempunyai program pembinaan penggunaan UTTP di pasar.

“Sebagai tindak lanjut atas predikat PTU yang telah diraih, Perumda Pasar Jaya diharapkan agar dapat memotivasi pasar-pasar tersebut untuk mempertahankan predikat PTU dan bagi pasar yang belum PTU dapat meraih predikat PTU untuk penilaian tahun 2023 ini yang akan diumumkan pada tahun 2024,” tandas Ratu.

Sebagai informasi, sertifikat PTU tahun 2022 telah diserahkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kepada tim yang mewakili Pj Gubernur DKI Jakarta pada 10 November 2023 di Bandung, Jawa Barat. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…

Jokowi dan Gibran Pas Berlabuh di PSI atau Golkar

Kastara.ID, Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) dengan tegas menyatakan, Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming…

Alhamdulilah SK sudah diberikan Imam Budi Hartono

Kastara.Id,Depok - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu  resmi memberikan Surat Keputusan (SK) rekomendasi…

Bukti Keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Dalam Menunjukkan Prestasi

Kastara.Id,Depok - Prestasi membanggakan kembali diraih Kota Depok. Di awal tahun 2024 ini, Kota Depok…