Ketua DPR RI

Kastara.id, Jakarta – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, pengajuan Presiden Joko Widodo terkait dengan pergantian Gubernur Bank Indonesia (BI) telah ditindaklanjuti oleh Badan Musyawarah (Bamus) DPR RI pada Selasa (6/3).

Presiden sebelumnya telah mengirimkan surat resmi pada DPR tentang calon Gubernur BI pilihannya yakni Perry Warjiyo untuk menggantikan Agus Martowardojo yang telah memasuki masa pensiun. Selanjutnya Bamus akan meminta Komisi XI mengatur jadwal uji kelayakan dan kepatutan calon Gubernur BI.

“Kita tidak memberikan target, tetapi menurut saya jika hal itu bisa dilakukan dengan cepat,” ujar Bambang Soesatyo di Jakarta.

Menurut dia, segera dilantiknya posisi di atas sangat diperlukan mengingat peran penting BI dalam stabilitas perekonomian Indonesia. Maka dari itu, proses tersebut harus dapat digelar oleh komisi terkait. “Gubernur BI ini sangat penting untuk segera diputuskan dan disetujui di sidang paripurna DPR,” katanya.

Dia melanjutkan, calon Gubernur BI Perry Warjiyo harus mampu mensinergikan kebijakan moneter bank sentral dengan kebijakan fiskal pemerintah jika pencalonannya nanti disetujui parlemen. Sehingga setiap kebijakan ekonomi yang dibuat mampu berdampak positif bagi kehidupan seluruh rakyat Indonesia.

“Kebijakan moneter dan fiskal harus dalam irama yang sama, nada yang saling melengkapi, sehingga akan menjadi instrumen kebijakan ekonomi dan pembangunan nasional yang mempunyai dampak kemakmuran,” pungkasnya. (npm)