Virus Corona

Kastara.ID, Jakarta – Unit Pelayanan Angkutan Sekolah (UPAS) Dinas Perhubungan (Dishub) DKI bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Kramatjati, Jakarta Timur menggelar edukasi dan sosialisasi tentang virus Corona kepada 120 pelajar SDN Ciracas 10.

Kepala UPAS Dishub DKI Ali Murtadho mengatakan, sosialisasi dan edukasi ini digelar sesuai Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 16 tahun 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Resiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease atau Covid-19.

“Edukasi dan sosialisasi ini kita lakukan di bus sekolah. Tujuannya supaya siswa bisa memiliki pengetahuan tentang virus Corona,” ujarnya (6/3).

Ia melanjutkan, dalam kegiatan ini, pihaknya juga menyiapkan hand sanitizer di 176 bus sekolah yang dioperasikan. Di dalam bus juga ditayangkan video tentang sosialisasi virus Corona dan penanganannya.

“Video ini diputar setiap hari selama bus mengangkut pelajar. Selain itu, bus juga dibersihkan lima kali dalam sehari,” katanya.

Sementara Dokter Umum Puskesmas Kecamatan Kramatjati Median Decardo mengatakan, dalam sosialisasi ini, para pelajar dibekali pengetahuan mengenai tata cara pencegahan dan penanganan virus Corona. Antara lain menjaga pola hidup bersih dan sehat seperti mencuci tangan dengan sabun dan mengkonsumsi asupan gizi seimbang.

“Termasuk tentang kesehatan secara umum juga kita berikan. Misalnya saat batuk harus ditutup dengan tangan,” terangnya.

Di tempat yang sama, Kepala SDN Ciracas 10 Warsinah mengucapkan terima kasih atas digelarnya kegiatan ini. Dari kegiatan tersebut, para siswanya menjadi lebih paham bagaimana cara mencegah dan menangani virus Corona.

“Banyak keuntungan yang didapat dari kegiatan ini,” tandasnya. (hop)