Kepulauan Seribu

Kastara.ID, Jakarta – Tim Tanggap Covid-19 Kepulauan Seribu, Sabtu (7/3), melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada seluruh penumpang kapal yang datang dari seluruh dermaga di Jakarta dan Tangerang.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) Kepulauan Seribu, Sujanto Budiroso mengatakan, petugas kesehatan sudah siaga di lokasi kedatangan penumpang di masing-masing dermaga tujuan wisatawan seperti di Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Harapan, dan Pulau Kelapa.

“Kita periksa satu persatu melalui cek suhu tubuh untuk mencegah sedini mungkin penyebaran virus corona, karena akhir pekan biasanya ramai kunjungan wisatawan di semua pulau wisata,” ujarnya, saat melakukan pemantauan di Pulau Tidung.

Untuk wisatawan yang berkunjung ke pulau resort, jelas Sujanto, sudah diperiksa sejak dari dermaga keberangkatan di Dermaga Marina, Ancol, oleh petugas Sudin Kesehatan Kepulauan Seribu.

“Tak hanya diperiksa suhu tubuh, wisatawan juga disosialisasikan cara cuci tangan dengan sabun yang benar dan pola hidup bersih dan sehatĀ agar terhindar virus corona,” terangnya.

Sementara Lurah Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu Selatan Supriyadi mengungkapkan, untuk memeriksa wisatawan yang banyak datang saat libur akhir pekan ini pihaknya mengerahkan seluruh tenaga baik ASN, Satpol PP, dan petugas kesehatan puskesmas.

“Setelah dicek suhu badan, wisatawan dikumpulkan di dermaga untuk mendapatkan sosialisasi secara singkat dari petugas kesehatan tentang pentingnya menjaga kesehatan,” tandasnya. (hop)