Minyak Jelantah

Kastara.ID, Depok- Di Kecamatan Cimanggis berlangsung pengumpulan minyak jelantah yang nantinya bisa dikumpulkan kepada Zakat Sukses. Kecamatan Cimanggis berkolaborasi dengan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Zakat Sukses Kota Depok serta Bank Sampah untuk penanggulangan sampah, yang dimulai dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) se-Kecamatan Cimanggis, Rabu (7/4).

Sunarto Zulkifli selaku Direktur Utama LAZ Zakat Sukses menyampaikan, rata-rata bersih minyak jelantah yang telah terkumpul mencapai 1 ton per bulan. Dengan konversi kurang lebih 35 juta yang telah disumbangkan untuk bantuan korban bencana yang terjadi di Indonesia. Seperti gempa yang terjadi di Kalimantan Selatan dan Banjir di Sumedang. Saat ini, Dropbox Sedekah Minyak Jelantah ada di Kecamatan Cimanggis.

Direktur Utama LAZ Zakat Sukses, mengajak seluruh masyarakat Kota Depok turut serta menjaga lingkungan dengan program Sedekah Minyak Jelantah. Serta mendukung gerakan memilah sampah dan mengajak masyarakat untuk turut peduli terhadap permasalahan sampah.

LAZ Zakat Sukses berkolaborasi dengan pemerintah kota dan komunitas setempat untuk mengajak masyarakat mengurangi limbah minyak jelantah yang dibuang secara sembarangan. “Kita hargai 1 kg minyak jelantah 8000 rupiah,” ungkap Sunarto.

Agar tidak mencemari lingkungan, LAZ Zakat Sukses menyediakan Dropbox Sedekah Minyak Jelantah di Bank Sampah. Setiap minyak jelantah yang terkumpul akan dijual sebagai bahan baku biodiesel dan hasil penjualannya akan digunakan untuk membantu korban bencana di Indonesia.

Jika tidak ada halangan akan disosialisasikan kepada ASN sekaligus peresmian kegiatan ini. “Setelah para ASN menjadi contoh, maka selanjutnya pengumpulan sampah dan minyak jelantah akan dilakukan di 73 bank sampah yang tersebar se-Kecamatan,” ungkapnya.

Koordinator Bank Sampah Kecamatan Cimanggis, Lolita Damayanti menuturkan, nantinya para ASN se-Cimanggis akan manjadi nasabah bank sampah, sebagai contoh untuk masyarakat agar lebih peduli kepada sampah.

“Karena pemilahan sampah sangat penting untuk selanjutnya dijadikan sebagai bahan baku, untuk diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat,” ujarnya.

Nantinya, sampah-sampah kering akan dikumpulkan dan dikelola oleh bank sampah, dan minyak jelantah akan dikelola oleh Zakat Sukses.

Melalui sedekah minyak jelantah, diharapkan akan mampu membantu lebih banyak masyarakat yang tertimpa bencana dan mampu menjaga bumi kita dari pencemaran lingkungan. (*)