Kastara.ID, Termas de Rio Hondo – Duet pembalap satelit Mooney VR46 Racing, Marco Bezzecchi dan Luca Marini berhasil mengklaim podium dua dan tiga dalam Sprint Race MotoGP Argentina, Sabtu (1/4) lalu.

Sayangnya, dalam balapan utama pada Ahad (2/4), keduanya mendapat hasil jauh berbeda.

Bezzecchi keluar sebagai pemenang dalam balapan hujan Las Termas. Sedangkan Marini kesulitan di barisan tengah dan menyelesaikan balapan di urutan ke-8.

Marini kemudian bertanya-tanya, mengapa Bezzecchi bisa tampil begitu cepat darinya.

“Balapan yang sulit, saya tersandung dengan traksi di roda belakang,” papar Marini usai menuntaskan balapan 25 lap di tengah hujan yang dilansir Speedweek.com.

“Awalnya saya disalip oleh banyak pembalap, jadi saya memutuskan untuk menjaga ban. Mungkin itu akan memungkinkan saya memperbaiki posisi menjelang akhir balapan. Tapi meskipun saya mengendarainya dengan sangat hati-hati, tidak ada yang tersisa dari ban belakang saya pada akhirnya. Saya lambat dan tidak bisa berbuat apa-apa,” tandas Marini.

Sementara rekan setimnya, Bezzecchi keluar sebagai pemenang dengan melintasi garis finis +13,7 detik di depannya.

“Saya tidak bisa berbuat lebih banyak dan memberikan setiap lap 100 persen,” jelas Marini.

“Kami harus menganalisis data dan mencermati bagaimana mungkin Bezzecchi begitu cepat. Apakah itu set-up, elektronik, atau gaya balap. Karena saya tidak mendapat cengkeraman di roda belakang, saya harus menambah tekanan pada ban depan saat mengerem. Pada akhirnya saya mencapai limit dengan kedua ban. Pertama dan terpenting, saya kekurangan traksi, saya kekurangan akselerasi di tikungan. Secara keseluruhan, ini adalah akhir pekan yang positif,” jelas Marini.

Balapan berikutnya akan berlangsung di Amerika Serikat pertengahan April. (lan)