Gempa Jepara

Kastara.ID, Jakarta – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Selasa (7/7). Dalam keterangan yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun twitter @infoBMKG, gempa terjadi pukul 05.54 WIB.

Lokasi gempa berada pada 6.12 Lintang Selatan-110.55 Bujur Timur. Pusat gempa berada pada jarak 53 kilometer barat laut Jepara dengan kedalaman 578 kilometer. BMKG menyebut gempa ini tidak berpotensi tsunami. Meski demikian BMKG mengingatkan kemungkinan terjadinya gempa susulan.

Beberapa daerah melaporkan turut merasakan getaran gempa yang terjadi di Jepara, seperti Yogyakarta, Mataram, Purworejo, dan Kuta. Getaran dengam skala III MMI itu membuat kondisi rumah bergetar, seperti saat ada truk melintas.

Sedangkan daerah lain seperti Denpasar, Kebumen, Banjar Negara, Cilacap, Boyolali, Krui, Pesisir Barat, Pangandaran, Tanggamus, Gianyar, Pekalongan, dan Garut juga turut merasakan getaran dengan skala yang lebih kecil. Warga melaporkan benda-benda yang bergelantungan bergoyang. (ant)