Jakarta

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta membuka layanan vaksinasi COVID-19 dan skrining kesehatan penyakit tidak menular di Gapura Kawasan Chinatown Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat.

Layanan yang berlangsung sejak pukul 08.00-12.00 ini dimanfaatkan 245 orang atau pengunjung.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta, Ngabila Salama mengatakan, dalam layanan ini, pihaknya menyediakan jenis vaksin Sinovac, Pfizer, dan Moderna.

“Selain vaksinasi, ada skrining kesehatan usia 15 tahun ke atas, konsultasi kesehatan, pemeriksaan tensi, gula darah dan lain-lain,” ujarnya (6/7).

Ngabila menjelaskan, pihaknya akan mengadakan layanan serupa di dua lokasi berbeda, tepatnya di Stasiun Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan pada 7 Juli 2022 dan Taman Kelinci Bambu Apus Cipayung, Jakarta Timur pada 8 Juli 2022.

Warga dapat mendaftar dan memilih jadwal vaksinasi melalui aplikasi JAKI yang dapat diunduh melalui tautan qrco.de/appsjaki.

“Warga juga dapat langsung datang ke lokasi,” ucap Ngabila.

Ia menuturkan, layanan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan akses layanan kesehatan bagi warga dan memperluas cakupan vaksinasi di Jakarta.

Semakin banyak masyarakat yang sudah divaksin, maka akan tercipta kekebalan komunal atau herd immunity sekaligus mencegah lonjakan kasus.

“Layanan ini menjadi penting dilakukan agar kesehatan dan keselamatan warga dapat terus terjaga,” tandas Ngabila. (hop)