Kastara.ID, Jakarta – 44 tim perwakilan dari sektor kecamatan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, mengikuti Jakarta Fire Fighter Challenge (JFFC) 2023 di Pusdiklat Gulkarmat DKI Jakarta, Jalan Raya Ciracas, Jakarta Timur.

Kompetisi ketangkasan pasukan penjinak api ini dibuka Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko dengan penekanan tombol sirine, Senin (7/8). Acara diawali dengan atraksi Palang Pintu oleh anggota Sudin Gulkarmat Jakarta Barat, disusul dengan parade seluruh peserta.

Dalam sambutannya, Sigit menyampaikan apresiasi pada jajaran Dinas Gulkarmat DKI yang rutin menyelenggarakan kegiatan ini. Menurutnya, ini dapat mempererat silaturahmi dan meningkatkan kemampuan petugas pemadam.

“Kita apresiasi jajaran Dinas Gulkarmat yang sudah menunjukkan dedikasi maupun kinerjanya selama ini. Baik dalam penanganan pemadaman kebakaran maupun penyelamatan,” kata Sigit.

Sementara Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan menjelaskan, JFFC 2023 yang akan digelar hingga 15 Agustus ini melombakan ketangkasan penyelamatan (Brave Heart) dan kemampuan pemadaman kebakaran secara berkelompok dengan penyelamatan dan kecepatan waktu (House Laying).

“Ini bagian dari peningkatan skill petugas pemadam kebakaran, karena Jakarta sebagai barometer untuk pemadaman kebakaran di Indonesia,” papar Satriadi.

Selain kompetisi ketangkasan, ungkap Satriadi, dalam JFFC 2023 ini juga ada aksi sosial donor darah dan pelayanan kesehatan, serta bazar UMKM  dari Darma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Gulkarmat DKI.

Menurut Satriadi, untuk donor darah dan layanan kesehatan pihaknya bersinergi dengan PMI DKI Jakarta.

“Targetnya ada 150 anggota kami bisa donorkan darahnya,” ucap Satriadi.

Sementara Ketua PMI Jakarta Selatan Abdul Haris menjelaskan, setiap hari PMI DKI Jakarta menerjunkan satu dokter dan tiga perawat serta satu ambulans dari markas PMI Kota secara bergiliran.

“Hari ini giliran kami, besok dan seterusnya dari wilayah kota lainnya. Selain donor darah kami berikan layanan kesehatan gratis berupa pemeriksaan gula darah, kolesterol, tensi darah, dan lainnya,” tandasnya. (hop)