Paralimpiade Tokyo 2020

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyambut kedatangan para atlet yang berlaga di Paralimpiade Tokyo 2020 di VVIP Room, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Selasa (7/9).

Terdapat 14 atlet yang tiba di Tanah Air, antara lain Ukun Rukaendi (Para Badminton), Famini (Para Atletik), Jaenal Aripin (Para Atletik), Elvin Elhudia Sesa (Para Atletik), Karisma Evi Tiarani (Para Atletik), Putri Aulia (Para Athletics), Setiyo Budi Hartanto (Para Athletics).

Kemudian atlet peraih medali perunggu yakni Fredy Setiyawan (Para Badminton Men’s Singles), Suryo Nugroho (Para Badminton Men’s Singles), Sapto Yogo Purnomo ( Para Athletics Men’s). Serta atlet yang meraih medali perak adalah Dheva Anrimusthi dalam cabang olahraga Para Badminton Men’s Singles.

Lalu atlet yang meraih medali emas, Hary Susanto (Para Badminton Mixed Doubles), Khalimatus Sadiyah (Para Badminton Women’s Doubles), dan Leani Ratri Oktila (Para Badminton Mixed Doubles, Para Badminton Women’s Doubles, Para Badminton Women’s Single).

Dalam kesempatan tersebut, Zainudin mengungkapkan rasa bangga dan syukurnya atasĀ  kembalinya para atlet dengan kondisi sehat serta membawa prestasi yang luar biasa.

“Dengan rasa bangga dan syukur, kami kembali menerima kontingen Indonesia yang telah selamat tiba di Tanah Air. Yang juga mereka telah membawa hasil serta mengukir prestasi yang membanggakan untuk bangsa dan negara,” kata Zainudin.

“Salam hangat dan ucapan terima kasih juga atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia kepada pendamping, pelatih serta atlet dan seluruh kontingen Indonesia. Pak Presiden Joko Widodo menyampaikan, nanti setelah selesai masa pelaksanaan karantina maka akan diatur jadwal untuk bertemu bapak,” imbuhnya.

Zainudin menjelaskan, target yang didapatkan melalui ajang ini lebih baik dibandingkan dengan Paralimpiade Rio 2016. Dalam Paralimpiade Tokyo, Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-43 dengan perolehan 2 medali emas, 3 perak, serta 4 medali perunggu.

“Alhamdulillah apa yang ditargetkan tercapai bahkan terlampaui. Karena itu, atas nama pemerintah saya mengucapkan terima kasih kepada NPC Indonesia karena telah memenuhi target perolehan media 2 emas, 3 perak, dan 4 perunggu,” pungkasnya. (tra)