Logistik Pemilu

Kastara.id, Jakarta – Logistik berperan penting dalam kesuksesan pelaksanaan tahapan pemilu.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, pemilu tidak akan terjadi tanpa adanya logistik.

“Karena definisi dasar pemilu adalah mengkonversi suara, sehingga dibutuhkan alat-alat bantu perlengkapan. Perlengkapan alat-alat bantu itulah logistik pemilu,” ujar Pramono dalam keterangannya, Sabtu (7/10).

Menurut Pramono, logistik salah satu inti penting dalam keberhasilan pemilu. “Agar tidak terjadi manipulasi dalam konversi suara menjadi kursi tadi, maka kita sudah tahu semua di dalam penyelenggaraan logistik ini. Ada soal ketepatan jumlah, ketepatan waktu, ketepatan spesifikasi. Tapi harus dipahami dulu kaitan antara logistik dengan inti dari penyelenggaraan pemilu itu,” tegasnya.

Pramono mengimbau, jajaran KPU untuk bekerja cermat, sehingga proses konversi suara dapat berjalan baik, dan tanpa ada manipulasi.

Sedangkan Kepala Biro Logistik Sekretariat Jenderal KPU RI Purwoto Ruslan Hidayat mengharapkan, proses pengadaan logistik bisa mendapatkan output yang berkualitas.

“Hasil pengadaan yang berkualitas dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilu, sehingga hasilnya dapat sukses, lancar, serta transparan,” tambahnya. (npm)