Sirkuit Portimao(motogp.com)

Kastara.ID, Portimao – Ajang MotoGP akhirnya menggunakan Sirkuit Portimao untuk satu seri balap tambahan di musim pendek 2020 ini. Portimao yang berada di Portugal akan menjadi balapan final tahun ini, tidak lagi di Valencia sebagaimana biasanya.

Seluruh pembalap penguji dan sebagian besar pembalap akan menjalani sesi tes tengah pekan ini di sirkuit yang belum pernah mereka jajal sebelumnya. Bahkan Portimao sudah jauh-jauh hari mendapat kontrak sebagai seri cadangan balapan MotoGP.

Balapan direncanakan berlangsung pada akhir November mendatang dan masing-masing pabrikan akan menurunkan tim uji mereka guna mengumpulkan data.

Yang menarik adalah dua mantan pembalap MotoGP dari Spanyol, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa yang bakal bertemu di lintasan yang sama. Lorenzo kini membela Yamaha sebagai penguji, sementara itu Pedrosa memimpin posisi yang sama di pabrikan KTM.

Pedrosa sebelumnya telah menguji motor KTM di Brno, Red Bull Ring, dan Misano karena aturan konsesi yang membolehkan hal itu, KTM boleh menggelar tes tanpa batas.

Sementara untuk Lorenzo, ini akan menjadi pertama kali ia menggunakan Yamaha lagi sejak tes Shakedown Sepang pada awal 2020 kemarin. Sayangnya, Lorenzo tak akan mengetes motor M1 2020, tapi hanya menggunakan versi 2019.

“Saya sangat bersemangat untuk mengendarai Yamaha M1 lagi, karena saya tidak pernah begitu lama tanpa berkendara (sebelumnya). Yang pasti akan sangat sulit untuk beradaptasi dengan kecepatan motor ini lagi,” papar Lorenzo di Sirkuit Portugal, semalam (6/10), seperti dilansir Crash.

Pedrosa mengakhiri karir balapnya di Grand Prix setelah balapan Valencia 2018 lalu. Setahun kemudian giliran Lorenzo yang menutup catatan profesionalnya sebagai pembalap GP di tempat yang sama pada akhir musim 2019. (tra)