Penghargaan ini diterima Romy bersama 10 Direktur Keuangan/Chief Financial Officer (CFO) lainnya dari berbagai industri.

Romy menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Dia menilai, berbagai indikator peningkatan kinerja bisnis yang konsisten juga merupakan buah kerja keras dan kolaborasi dari tim manajemen dan seluruh insan Bank DKI.

Menurutnya, berbagai program dan inisiatif strategis dieksekusi dengan disiplin sehingga mendorong pertumbuhan kinerja Bank DKI secara langsung.

“Penghargaan ini didedikasikan untuk seluruh insan Bank DKI yang telah berhasil mewujudkan hasil nyata dengan berlandaskan perilaku kolaboratif. Selain itu, juga didedikasikan kepada pemegang saham, otoritas, nasabah dan mitra kerja yang terus memberikan kepercayaan terhadap Bank DKI,” ujar Romy, Sabtu (7/10).

Romy menyampaikan, dalam menjalankan pengelolaan keuangan Bank DKI, dirinya menyusun roadmap sebagai strategi untuk mencapai visi kinerja keuangan berkelanjutan, dengan fokus pada tujuh strategi utama. Di antaranya meningkatkan rentabilitas melalui peningkatan Earning After Tax, NIM, ROA, ROE, NPL, LAR, dan Coverage Ratio yang memadai.

Strategi lainnya, menjaga likuiditas dan permodalan pada level aman dan sesuai dengan ketentuan. Kemudian, mengoptimalkan bisnis eksisting pada niche market dengan melakukan perbaikan proses bisnis untuk memenuhi ekspektasi pemegang saham dan nasabah.

Strategi berikutnya yakni mempersiapkan kapabilitas Bank untuk dapat meng-capture new business opportunity, terutama terkait dengan adanya disrupsi teknologi dalam era digital melalui inisiatif digitalisasi.

Kemudian, strategi lainnya mendorong terciptanya ekosistem bisnis bagi Bank DKI dengan memaksimalkan potensi DKI Jakarta Linkage dan meningkatkan sinergi internal antar Unit Kerja sehingga lebih solid dengan menjadikan seluruh Unit Kerja Supporting sebagai business partner.

“Strategi terakhir adalah mempersiapkan SDM yang berkompeten untuk mendukung kinerja bisnis yang berkelanjutan. Peran utama CFO harus bisa menjadi orchestrator perusahaan,” ucap Romy.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menunjukkan dukungan dan turut bangga atas prestasi yang diraih oleh Direktur Keuangan dan Strategi Bank DKI, Romy Wijayanto.

Dia menilai, semangat dan kepemimpinannya diharapkan menjadi pemantik motivasi dan inspirasi bagi seluruh insan Bank DKI untuk terus tumbuh, berkembang dan semakin menunjukkan kontribusi dalam kinerja bisnis Bank DKI.

“Tujuannya untuk mewujudkan visi sebagai Bank Pilihan untuk Jakarta yang Maju dan Sejahtera,” kata Arie.

Untuk diketahui, atas implementasi berbagai strategi tersebut, Bank DKI mencatat pencapaian kinerja impresif dengan peningkatan laba bersih Bank DKI menjadi Rp 939,11 miliar pada Desember 2022, yang merupakan pencapaian laba tertinggi Perseroan sejak berdiri. Laba tumbuh 29,11 persen dibandingkan periode Desember 2021 sebesar Rp 727,36 miliar.

Hal ini juga seiring didukung adanya peningkatan total aset sebesar 11,51 persen menjadi Rp 78,88 triliun pada Desember 2022, dari Rp 70,74 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya dan semakin tumbuh berkelanjutan di tahun 2023.

Sebagai informasi, penghargaan tersebut diberikan oleh SWA Media Group bekerjasama dengan SWA Network. Ajang tersebut merupakan penghargaan bergengsi bagi para CFO berprestasi di Indonesia dalam peranan strategis mengembangkan kinerja keuangan perusahaan menjadi lebih kuat, kokoh, dan kompetitif. (hop)