PPP

Kastara.ID, Jakarta – Fraksi PPP DPR RI di parlemen mendukung usulan Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk mengevaluasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) secara langsung karena pelaksanaannya menyebabkan biaya politik yang tinggi.

Tito menyarankan agar survei dan riset secara akademik dilakukan terkait penyelenggaraan pilkada secara langsung yang sudah diselenggarakan sejak 2005.

Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Achmad Baidowi menyatakan, PPP sepenuhnya sepakat dengan usulan pemerintah untuk melakukan evaluasi terhadap pilkada langsung dilihat dari manfaat dan mudaratnya.

Lebih lanjut disampaikan, salah satu kelemahan pilkada langsung adalah biaya politik tinggi sehingga menyebabkan terjadinya orientasi balik modal ketika menjabat banyak kasus operasi tangkap tangan (OTT) yang menimpa kepala daerah.

Achmad Baidowi menambahkan, evaluasi itu penting karena tujuan dari demokrasi adalah untuk kesejahteraan rakyat sehingga jangan sampai proses demokrasi justru tidak menyejahterakan rakyat, tapi menyengsarakan dengan maraknya perilaku koruptif.

Wakil Sekjen PPP itu juga menjelaskan, evaluasi bisa dilakukan pada pilkada langsung tetap bisa dilakukan, namun instrumen pembiayaan yang tinggi bisa dikurangi. (rya)