Aldila Sutjiadi

Kastara.ID, Manila – Koleksi medali emas kembali dipersembahkan dari kontingen Merah Putih di SEA Games XXX/2019. Kali ini melalui petenis putri Aldila Sutjiadi berhadapan dengan petenis putri Vietnam Savanna Ly Nguyen dipartai final yang digelar di Tennis Court, Rizal Memorial Sport Complex, Manila, Filipina.

Aldila yang turun di nomor tunggal putri tampil dominan sepanjang pertandingan, ia langsung memimpiĀ  dua set langsung (6-0), (7-5). “Pastinya senang bisa persembahkan medali emas untuk Indonesia,” ujar dara kelahiran 2 Mei 1995 usai pertandingan, Jumat (6/12) pagi.

Meski telah turun dibeberapa SEA Games, raihan medali emas ini merupakan yang pertama kalinya ia raih di keikutsertaannya pada pesta olahraga se-Asia Tenggara ini. “Ini emas pertama saya di SEA Games dan di tunggal putri, pastinya seneng banget dan bangga memenangkan pertandingan hari ini,” katanya.

Jalannya pertandingan, meski baru pertama kali bertemu di game pertama terlihat Aldila tampil lepas dan hasilnya pun ia memimpin dominan, di set berikutnya petenis mungil Vietnam mulai membaca pola yang Aldila berikan hingga mencoba memberikan tekanan hingga membuatnya kewalahan.

“Set pertama saya bermain lepas di set kedua dia mulai memberikan tekanan hingga membuat saya tegang dan kendor tapi sebisa mungkin fokus poin by poin agar ngga ketinggalan terlalu jauh dan akhirnya bisa nge break di game-game akhir hingga menang,” kesan putri pasangan Indriatno Sutjiadi dan Herawati Jahja ini.

“Emas ini buat keluarga, teman-teman pecinta tenis Indonesia, fans dan seluruh orang yang sudah membantu hingga saat ini, di game berikutnya saya tetap optimis berusaha maksimal dan mudah-mudahan bisa meraih emas lagi,” ujar pasangan Christopher Rungkat di nomor ganda campuran ini.

Ketum PB Pelti Rildo Ananda Anwar merasa bahagia dan bangga atas raihan medali emas Aldila meski PB Pelti tak menargetkan medali emas di nomor ini. “Bahagia dan bangga atas capaian emas ini karena target tenis itu dua emas di ganda campuran dan ganda putri dan alhamdulillah dipecahkan Dila di single putri lebih dulu,” ujarnya.

“Semoga di nomor lain yang ditargetkan akan mengikuti raihan ini, kita berdoa mudah-mudahan kita juga memperoleh emas seperti Aldila dan insyaallah sapu bersih,” harap Rildo. (tra)