Kastara.ID, Jakarta – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menghentikan sementara layanan transportasi kapal penumpang dari dan menuju Kepulauan Seribu. Penghentian layanan ini dilakukan karena cuaca tidak kondusif dengan tinggi gelombang yang mencapai 1,5-2,5 meter.

Kepala Satuan Pelaksanan Pelayaran UP Angkutan Perairan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sulistiyono Widodo mengatakan,  kapal penumpang yang dihentikan sementara pelayanannya yakni KM Dewandra jalur I rute Dermaga Muara Angke-Pulau Untung Jawa-Pulau Payung-Pulau Tidung (PP); dan KM Batara jalur II rute Dermaga Muara Angke-Pulau Untung Jawa-Pulau Pari-Pulau Panggang-Pulau Pramuka (PP).

“Kami juga menghentikan sementara waktu operasional KM Indra Kemala jalur III rute Pulau Sebira-Pulau Kelapa-Dermaga Muara Angke,” ujarnya, Senin (7/12).

Sulistiyono menjelaskan, penghentian sementara layanan transportasi kapal ini dilakukan dengan mempertimbangkan faktor keamanan dan keselamatan penumpang maupun awak kapal.

“Kami terus melakukan update informasi perkembangan cuaca dari BMKG. Kalau cuaca sudah kondusif kapal segera kami operasikan kembali,” tandasnya. (hop)