Gunung Semeru

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta mengerahkan tiga kendaraan taktis ke lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Kepala Seksi Pengendali Operasi Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Mulyanto mengatakan, tiga unit kendaraan tersebut terdiri dari light rescue, medan berat, dan mobil pompa.

“Kendaraan taktis light rescue dapat digunakan untuk memotong pohon bahkan beton. Kemudian memiliki fungsi penerangan, evakuasi dan penyelamatan. Selain dilengkapi rotary dan chainsaw, unit light rescue juga bisa dioperasikan untuk mengungkit dan mendongkrak,” ujarnya, Selasa (7/12).

Mulyanto menjelaskan, untuk kendaraan taktis medan berat digunakan untuk mengangkut peralatan, memobilisasi masyarakat dan dilengkapi crane. Sementara mobil pompa digunakan untuk melakukan penyemprotan dan penyedotan lumpur.

“Selain kendaraan taktis, Dinas Gulkarmat DKI Jakarta juga membawa dua unit portable power sprayer yang akan digunakan untuk dekontaminasi anggota dan penyemprotan disinfektan,” terangnya.

Ia menambahkan, sebanyak 16 personel dari Dinas Gulkarmat bergabung dalam tim bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan bantuan bagi masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru.

“Untuk penanganan di lokasi, kita akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang agar lebih tepat sasaran,” tandasnya. (hop)