Smart Traveler Enrollment Program (STEP)

Kastara.ID, Jakarta – Kedubes Amerika Serikat (AS) mengeluarkan imbauan warganya yang berada di Jakarta untuk selalu memperhatikan info prakiraan cuaca. Hal ini dilakukan terkait dengan peringatan BMKG yang memperkirakan hujan ekstrem akan melanda berbagai wilayah Indonesia pada pertengahan Januari 2020 ini.

Dalam laman resminya Rabu (8/1), seperti dikutip dari detik.com, Kedubes AS menyebutkan bahwa prakiraan cuaca menunjukkan sebagian besar wilayah DKI Jakarta akan akan mengalami curah hujan yang luar biasa hingga 12 Januari 2020. Antisipasi badai dan angin kencang dengan kemungkinan banjir, tanah longsor, pemadaman listrik, dan kondisi perjalanan yang sulit di seluruh wilayah Jakarta.

Terkait dengan hal ini, Kedubes AS meminta agar warganya mempersiapkan diri menghadapi status tanggap darurat bencana. Selain itu dimintakan juga untuk memperhatikan informasi dari media lokal Indonesia.

Kedubes AS juga meminta warganya untuk mempersiapkan rencana tanggap darurat, menggunakan alat yang tersedia di https://www.ready.gov/ untuk membuat rencana untuk keluarga, pekerjaan, dan sekolah. Selain itu memperhatikan info dari media tentang peristiwa lokal, mewaspadai lingkungan sekitar, dan praktikkan kesadaran pribadi setiap saat.

“Daftarkan diri anda dalam Smart Traveler Enrollment Program (STEP) untuk mendapatkan informasi keamanan. Ikuti Konsulat Jenderal AS di Surabaya di Twitter dan Facebook Kedutaan Besar AS di Jakarta di Twitter dan Facebook,” tambah Kedubes AS lagi. (ant)