Joe Biden

Kastara.ID, Jakarta – Serbuan pendukung Presiden Donald Trump ke US Capitol tak mengubah sikap Kongres AS yang memastikan kemenangan Dewan Elektoral atau Electoral College Presiden terpilih Joe Biden atas Donald Trump.

Penghitungan tiga suara elektorat Vermont menempatkan Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih, Kamala Harris, di atas ambang batas 270 yang diperlukan untuk memenangkan kursi kepresidenan atas pemilu AS pada sesi gabungan Kongres pada Kamis.

Dikutip dari CNN, 7 Januari 2021, Senat dan DPR menolak keberatan untuk membuang suara elektorat Georgia dan Pennsylvania yang memenangkan Joe Biden. Partai Republik juga keberatan dengan suara elektorat Arizona, Nevada, dan Michigan, tetapi mosi itu gagal sebelum mencapai perdebatan.

Seperti diketahui perusuh pendukung Trump menyerbu US Capitol Rabu pagi. Dalam serangan terparah terhadap simbol demokrasi Amerika dalam lebih dari 200 tahun, para perusuh menerobos barikade keamanan logam, memecahkan jendela dan pagar untuk menerobos masuk US Capitol.

Sesi gabungan Kongres, yang biasanya merupakan langkah seremonial, dihentikan selama beberapa jam ketika perusuh masuk gedung US Capitol.

Proses dilanjutkan sekitar pukul 8 malam waktu Washington dengan Wakil Presiden Mike Pence, memimpin kembali sesi Senat. (har)