Tri Rismaharini

Kastara.ID, Jakarta – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memang salah satu sosok muda yang potensial maju pada Pilpres 2024. Indikasi ke arah itu terlihat dari beberapa hasil survei dari beberapa lembaga survei. Elektabilitas AHY terus meningkat.

Demikian diungkapkan Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul Jakarta M Jamiluddin Ritonga kepada redaksi Kastara.ID di Jakarta, Senin (8/2).

“Survei terakhir yang dilakukan dilakukan Index Politica Indonesia, elektabilitas AHY sudah mencapai 5,1 persen. AHY sudah masuk lima besar keterpilihannya bersama Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, dan Ganjar Pranowo,” ungkapnya.

Menurut pria yang kerap disapa Jamil ini, sosok AHY di militer juga cukup cemerlang. Meskipun hanya sampai mayor, namun ia memperoleh predikat Adhi Makayasa Akademi Militer tahun 2000. “Ini artinya, AHY termasuk personil militer yang berprestasi sangat baik,” katanya.

Saat di militer, AHY juga pernah ditugaskan ke Libanon sebagai pasukan penjaga perdamaian PBB. Tugas ini membawa AHY berinteraksi dengan dunia internasional, terutama dengan perwira militer dari negara lain.

“Selama menjadi Ketua Umum Partai Demokrat, banyak kebijakan yang sudah diambilnya. Semua kebijakannya cenderung berpihak kepada rakyat, di antaranya Program Peduli dan Berbagi, Program UMKM, dan Program WIFI,” ungkap dosen mata kuliah Metode Penelitian Komunikasi ini .

AHY, lanjut Jamil, juga suka turun ke bawah menemui kader dan masyarakat. Kegiatan ini tampaknya salah satu faktor yang membantu meningkatkan elektabilitas Partai Demokrat.

“Kalau hal itu dilakukan AHY secara konsisten dan mampu meredam konflik di internal, maka peluang AHY untuk maju dalam Pilpres 2024 sangat besar. Apalagi kalau AHY meningkatkan kemampuan frekuensi turun ke bawah menemui masyarakat, maka elektabilitas akan semakin meningkat,” tandas mantan Dekan FIKOM IISIP Jakarta 1996-1999 ini. (jie)