Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU)

Kastara.ID, Jakarta – Kelurahan Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat mengerahkan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) untuk memeriksa kondisi saluran dan tali air di sepanjang Jalan Panjang dan permukiman warga RT 15/02.

Lurah Kedoya Utara Tubagus Masarul Imam mengatakan, sebanyak enam petugas PPSU yang bertugas piket sore hingga malam dikerahkan untuk memeriksa kondisi saluran dan tali air.

“Kami ingin memastikan tidak ada penyumbatan sehingga air hujan dapat mengalir lancar masuk ke dalam saluran,” ujar Masarul Imam (7/2).

Ia menjelaskan, sebelumnya genangan sempat terjadi di permukiman warga RT 15/02 dan Jalan Panjang disebabkan lokasinya yang berada pada posisi cekungan.

“Ditambah lagi curah hujan yang mengguyur sejak Sabtu malam hingga Minggu serta air kiriman dari Kali Pesanggrahan ke anak Kali Angke hingga meluap,” jelasnya.

Ia memaparkan, genangan di dua lokasi tersebut mencapai ketinggian 30 hingga 100 sentimeter dan berangsur-angsur surut setelah tim Sudin Sumber Daya Air Jakarta Barat mengerahkan pompa mobile.

“Genangan di Jalan Panjang dan permukiman warga RT 15/02 sudah surut total sekitar pukul 15.00 tadi,” katanya.

Pihaknya, sambung Masarul, ingin memastikan saluran dan tali air di lokasi berfungsi optimal sehingga saat curah hujan lebat turun kembali bisa mengalir lancar ke dalam saluran menuju anak Kali Angke,” tandasnya. (hop)