Kastara.id, Jakarta – Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam yang tergabung dalam Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) sambangi Ketua MPR Zulkifli Hasan. Kedatangan LPOI ini dalam rangka silaturahmi sekaligus menyampaikan keprihatinannya atas kobdisi pendidikan umat Islam.

Dalam pertemuan yang berlangsung di gedung MPR, Rabu (8/3) itu, Ketua PBNU KH Said Aqil Sirajd yang memimpin rombongan LPOI itu mengatakan, yang utama dalam silaturrahmi LPOI ini dan sebagai sesama muslim menyampaikan keprihatinan mengenai kondisi umat Islam saat ini, khususnya dalam bidang pendidikan.

“Siturahmi ini sebagai upaya bersama untuk mencegah umat Islam terlibat tindakan radikalisme dan terorisme akibat pemahaman agama yang sempit dan tidak menyeluruh,” kata Said Aqil.

Menanggapi hal itu, Zulkifli Hasan menyampaikan terima kasih atas kehadiran ormas-ormas Islam yang tergabung dalam LPOI tersebut. Untuk itu dia berharap umat Islam bisa bersatu.

“Makanya saya menyerukan mari umat Islam bersatu. Kita kantongi dulu perbedaannya, memprioritaskan persamaannya dan yang terpenting saling hormat-menghormati,” ujar Ketua Umum PAN itu.

Diakui Zulkifli, jika tantangan umat Islam saat ini adalah pendidikan dan kewirausahaan. “Di era keterbukaan ini, umat Islam harus unggul di bidang Iptek, SDM yang unggul dan berdaya saing di era globalisasi ini. Sebab, tantangan untuk maju di bidang ekonomi harus memperkuat semangat wirausaha, khususnya di kalangan anak muda,” katanya.

Menurut Zulkifli, cara paling konkret melawan kemiskinan adalah dengan memajukan ekonomi umat. Karena itu semua harus menyebarkan semangat kewirausahaan khususnya kepada pada anak-anak muda.

Ormas Islam yang hadir dalam pertemuan ini antara lain Nahdlatul Ulama (NU), Persatuan Islam (Persis), Al Irsyad Al Islamiyah, Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), Mathlaul Anwar, Al Washliyah, IKADI, Syarikat Islam Indonesia, Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti), PUI, HBMI, dan lain-lain. (arya)