WINGS

Kastara.id, Jakarta – WINGS meluncurkan Pusat Terapi Fisik Intensif untuk Anak Berkebutuhan Khusus guna memberikan harapan baru untuk anak-anak, remaja, dan dewasa muda. Pusat Terapi Fisik Intensif untuk penderita lumpuh otak, cedera otak berat, cedera tulang belakang, dan gangguan sistem Neuromuskular serta lainnya kini hadir di Asia Tenggara.

WINGS didirikan oleh Judith Knight, di mana Jake anak laki-lakinya pernah menderita cedera ganda akibat trauma kelahiran hipoksia. Judith dengan cepat memahami bahwa kondisi Jake yang unik dan membutuhkan solusi unik. Bersama Jake, Judith berkeliling dunia untuk mencari perawatan dan terapi yang dapat meningkatkan kualitas hidup Jake. Menyaksikan perubahan luar biasa yang dibuat oleh terapi ini mengilhami Judith untuk menyajikan metode perawatan yang terbaik.

Seperti yang disampaikan dalam siaran persnya (8/3). “Saya sangat yakin bahwa terlepas dari kondisi dan diagnosanya, setiap anak berhak mendapatkan peluang terbaik untuk berhasil. Di WINGS, kami menyediakan akses khusus kelas dunia di Singapura, dan sekarang kami menciptakan tempat yang memberi harapan. Orang tua dan sanak keluarga tidak perlu berkeliling dunia untuk mendapatkan akses ke terapi ini. Sekarang, hanya dibutuhkan penerbangan singkat bagi keluarga yang tinggal di Asia Tenggara untuk mencapai tempat ini, sehingga menjadi sebuah lompatan besar bagi keluarga,” ujar Judith Knight.

Pusat Latihan dan Terapi WINGS ini akan segera memberikan angin segar kepada komunitas berkebutuhan khusus di Asia Tenggara dan merupakan satu satunya pusat pelatihan di Asia Tenggara yang menawarkan kombinasi terapi. WINGS didirikan dengan model unik, menggabungkan terapi inovatif dari seluruh dunia dan mengintegrasikannya ke dalam Model Terapi Intensif (Intensive Model of Therapy, IMOT). Program terapi fisik intensif WINGS terdiri atas 30 sampai 60 jam terapi intensif dalam tiga minggu, menggunakan Metode TheraSuit®, Terapi Sangkar Laba-laba (Unit Pelatihan Universal), Latihan Gaya Berjalan dan Latihan Cuevas Medek® CME.

Metode pengobatan yang sangat efektif ini menantang anak-anak hingga dewasa muda dengan beragam kondisi fisik dan neurologis untuk meraih kemampuan fisik baru. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa hanya dalam tiga minggu terapi intensif dapat membuahkan hasil yang dicapai terapi tradisional selama lebih dari satu tahun. Tujuan dari setiap program intensif adalah untuk meraih kemandirian dan untuk menghindari operasi yang menyakitkan.

WINGS telah menangani bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa muda dengan beragam kondisi akibat Lumpuh Otak, Keterlambatan Perkembangan Umum, Cedera Otak Berat, Kecelakaan Tenggelam, Pasca Stroke (CVA), Cedera Tulang Belakang Sebagian, Ataksia, Atetosis, Spastisitas, Hipotonia, Penyakit Parkinson, Gangguan Kromosom, Gangguan Spektrum Austisme, Down’s Syndrome, dan gangguan serta kondisi neurologis atau motorik yang tidak akan membaik dengan olahraga atau latihan dengan menambahkan beban di kaki yang bermasalah.

Beberapa program khas WINGS meliputi Metode TheraSuit® yang diciptakan oleh Izabela dan Richard Koscielny ahli terapi fisik yang juga orang tua dari anak perempuan dengan Lumpuh Otak dan berdasarkan pada program latihan intensif dan spesifik. Metode TheraSuit® memanfaatkan berbagai macam alat dan latihan, termasuk ortosis proprioseptif dinamis empuk yang dinamakan TheraSuit®, salah satu setelan serupa yang telah disetujui oleh FDA di dunia.

TheraSuit® menyelaraskan postur tubuh senormal mungkin, membangun kembali keselarasan postur yang benar memainkan peranan penting dalam normalisasi otot, fungsi sensorik dan vestibular. Metode TheraSuit® merupakan pendekatan sangat holistik bagi mereka yang menderita gangguan neurologis, seperti lumpuh otak, keterlambatan perkembangan, dan cedera otak berat. Metode TheraSuit® menggabungkan elemen-elemen terbaik dari berbagai teknik dan metode, dan memiliki dasar rasional yang masuk akal yang didasarkan atas fisiologi latihan.

Latihan Gaya Berjalan Intensif bersama LiteGait® adalah perangkat terapi gaya berjalan parsial ‘orisinal’ yang dikembangkan oleh Mobility Research Inc, sebuah perusahaan dengan inovasi selama lebih dari 20 tahun dalam solusi rehabilitasi. LiteGait® diakui dalam skala global karena keunikan dan kecanggihan peralatan yang dirancang untuk membantu rehabilitasi individu yang menderita cedera tulang belakang, amputasi, stroke, nyeri kronis, cedera kepala, masalahan ortopedis, lumpuh otak, masalah keseimbangan, sklerosis ganda, dan radang sendi. Digunakan dengan bantuan treadmill, anak-anak, remaja, dan dewasa muda yang membutuhkan bantuan untuk berjalan akan memiliki kesempatan untuk memperbaiki postur tubuh mereka dan melatih cara berjalan yang benar.

Latihan Cuevas Medek® (CME) yaitu pendekatan terapi psikomotor yang diciptakan oleh ahli terapi fisik asal Chile, Ramon Cuevas. CME difokuskan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak (4 bulan+) dengan ketidakmampuan fisik dan gangguan pada gerak tubuh. CME bertujuan untuk memancing respon kontrol motorik postural dan fungsional di dalam otak anak. Pendekatan ini membantu mengembangkan keseimbangan anak terhadap gravitasi, yang pada akhirnya mempersiapkannya untuk duduk, berdiri, dan berjalan tanpa bantuan. CME intensif akan diluncurkan pada paruh kedua tahun 2018.

Berpusat di McNair Road di dalam kawasan Balestier, WINGS dapat dengan mudah diakses dan diatur agar semua anak-anak dan keluarga merasa nyaman, seperti di rumah. Pusat ini bukan hanya tempat terapi intensif, tetapi juga memberi ruang bagi setiap orang untuk bersosialisasi, bersenang-senang, berteman, dan berkembang ke potensi mereka sepenuhnya.

Pendaftaran telah dibuka untuk kelas CME intensif yang akan dimulai pada April 2018 dengan mengunjungi www.wingstherapycenter.com atau di +65 6926 7899. (*)

Reporter: Koes Biantoro
Editor: Dwi