Depok

Kastara.ID, Depok – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurahan Cinangka melakukan penanaman sayuran dengan metode hidroponik. Kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan lahan yang tak terpakai menjadi lahan produktif.

“Pemanfaatan lahan dengan dibuat media tanam hidroponik merupakan contoh agar masyarakat bisa mengadopsi metode tersebut di sekitar tempat tinggalnya,” ujar Ketua TP-PKK Kelurahan Cinangka, Dewi Suswita seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok, Selasa (8/3).

Dikatakannya, pihaknya bersama para kader sudah menerapkan metode penanaman tersebut di seluruh lahan yang tersedia di Posyandu. Terdapat berbagai jenis sayuran yang ditanam.

“Tanaman hidroponik ini hasilnya cukup memuaskan untuk keluarga. PKK Kelurahan Cinangka saja sudah panen sayuran. Seperti kangkung, bayam, pakcoy, dan sawi,” tuturnya.

Dewi menjelaskan, terdapat berbagai manfaat menanam sayuran dengan metode hidroponik. Antara lain, lebih ekonomis, serta tanaman yang dihasilkan juga menyehatkan dan lebih segar karena tidak menggunakan pestisida.

“Semoga masyarakat bisa memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami tanaman bermanfaat sehingga hasilnya bisa dirasakan,” tutupnya. (dha)