Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

kastara.ID, Jakarta – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meminta agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) meningkatkan anggaran kesehatan pesantren. Pasalnya, dia menilai anggaran tersebut terlalu kecil.

Cak Imin menduga, hambatan alokasi anggaran kesehatan pesantren tersebut terjadi karena keterbatasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Lima tahun lalu ada anggaran khusus kesehatan pesantren, tetapi terakhir-terakhir ini, tujuh tahun terakhir ini mengalami agak hambatan, mungkin karena APBN kita. Tapi, kami berharap ke depan anggaran untuk kesehatan pesantren ini semakin meningkat,” kata Cak Imin, Kamis (8/4).

Lebih lanjut, Cak Imin menyatakan bahwa PKB mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah mengeluarkan Undang-undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Bahkan, menurutnya, regulasi itu telah ditindaklanjuti oleh Kementerian Agama dengan mengeluarkan dua regulasi turunan yaitu PMA Nomor 30 Tahun 2020 tentang Pendirian dan Penyelenggaraan Pesantren serta PMA Nomor 31 Tahun 2020 tentang Pendidikan Pesantren.

“Kami berharap kepada Bapak Presiden yang kami cintai agar tindak lanjut dari UU Pesantren dapat diteruskan melalui Perpres yang mengatur pelaksanaan peran pesantren,” tutur Wakil Ketua DPR RI itu.

Untuk diketahui, topik terkait sikap politik PKB di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan turut dibahas dalam kegiatan tersebut. (ant)

One thought on “Anggaran Kesehatan Ponpes Diminta Dinaikkan”

Comments are closed.