Headline

Ditolak PDIP, Lima Fraksi DPRD DKI Dukung Anies Lepas Saham Pabrik Bir

Kastara.ID, Jakarta – Lima fraksi di DPRD DKI Jakarta dikabarkan setuju dengan rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas saham di perusahaan produsen minuman keras PT Delta Djakarta. Kelima fraksi tersebut adalah Demokrat, Golkar, Gerindra, PKS, dan PAN. Mereka menilai langkah Anies melepas kepemilikan saham di pabrik bir itu adalah keputusan tepat. Namun rencana tersebut masih terrkendala lantaran fraksi PDIP menyatakan tidak setuju Pemprov DKI Jakarta melepas saham di PT Delta Djakarta.

Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD DKI Jakarta Mujiyono mengatakan, pihaknya mendukung rencana tersebut. Namun Mujiyono meminta Pemprov DKI Jakarta melakukan pelepasan atau penjualan saham PT Delta Djakarta secara profesional. Sehingga menurutnya, pemanfaatannya bisa lebih baik dibanding saat Pemprov DKI Jakarta masih memiliki saham di pabrik bir itu.

Saat memberikan keterangan di Jakarta (6/4), Mujiyono menegaskan, pihaknya akan mengirimkan surat ke pimpinan dewan yang isinya mengusulkan dilakukan rapat pembahasan pelepasan saham PT Delta Djakarta. Langkah tersebut serupa dengan yang dilakukan beberapa fraksi yang mendukung rencana tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat DKI Santoso mengatakan, pelepasan saham akan mendatangkan pemasukan bagi Pemprov DKI Jakarta. Nantinya pemasukan itu bisa digunakan untuk berbagai keperluan, terutama saat Pendapatan Asli Daerah (PAD) menurun tajam akibat pandemi Covid-19.

Santoso yang juga anggota Komisi III DPR itu menambahkan, sudah saatnya saham Pemprov DKI Jakarta di pabrik minuman keras atau miras dilepas. Meski demikian bukan berarti Pemprov DKI Jakarta tidak memiliki otoritas dalam mengawasi peredaran minuman beralkohol di ibukota. Menurut Santoso, kewenangan antara produsen dan regulator yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta berbeda. Sebagai regulator, Pemprov DKI Jakarta tetap berwenang mengatur peredaran miras.

Sebelumnya Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta menyatakan menolak rencana penjualan saham PT Delta Djakarta. Ketua DPRD DKI Jakarta yang juga politisi PDIP, Prasetyo Edi Marsudi menyebut alasan penjualan tidak irasional. Namun pria yang biasa disapa Pras ini menyatakan rencana tersebut bisa direalisasikan.

Pras menyebut Anies bisa mengeluarkan diskresi penjualan saham PT Delta Djakarta. Saat berbincang dengan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BP BUMD Provinsi DKI, Riyadi yang diunggah di akun Youtube Akbar Faisal, Rabu 17 Maret 2021, Pras mengatakan, jika diskresi jadi dilakukan artinya penjualan saham dilakukan tanpa kajian. Pras menegaskan, pihaknya tidak ikut campur jika diskresi dilakukan.

Hingga saat ini lima fraksi tercatat mendukung pelepasan saham, yakni Demokrat, Golkar, Gerindra, PKS, dan PAN. Fraksi PDIP menegaskan menolak. Sedangkan fraksi PSI, PKB-PPP, dan Nasdem masih belum menentukan sikap. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

Ahli Waris Kampung Bojong Malaka Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

  Kastara.Id,Depok - Ahli waris Kampung Bojong Malaka mengadakan halal bihalal dan doa bersama agar…

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…

Jokowi dan Gibran Pas Berlabuh di PSI atau Golkar

Kastara.ID, Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) dengan tegas menyatakan, Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming…

Alhamdulilah SK sudah diberikan Imam Budi Hartono

Kastara.Id,Depok - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu  resmi memberikan Surat Keputusan (SK) rekomendasi…