Sudin-LH-Jaksel

Kastara.ID, Jakarta – Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Selatan luncurkan program Sedekah Minyak Jelantah dari sisa memasak warga. Sebagai percontohan, program ini menyasar pada Kampung Iklim.

Staf Seksi Peran Serta Masyarakat dan Penaatan Hukum Sudin LH Jakarta Selatan Enrile Indro Prasetyo mengatakan, minyak jelantah yang telah terkumpul akan dimasukkan ke dalam jerigen 18 liter, lalu nantinya akan dijual. Hasil penjualan digunakan untuk program sosial kemasyarakatan.

“Hasil penjualan minyak jelantah itu nantinya disalurkan untuk program sosial,” ujarnya, Rabu (8/5).

Enrile melanjutkan, tong sedekah tersebut nantinya akan didistribusikan sementara ke kampung-kampung iklim seperti di RW 03 Kelurahan Rawajati dan RW 06 Kelurahan Pejaten Timur. Kemudian di setiap kantor pemerintah daerah.

“Semoga bisa secepatnya didistribusikan ke semua kantor pemerintah, setiap RT dan RW, agar masyarakat bisa ikut menyumbangkan minyak jelantah dari rumahnya,” tuturnya.

Untuk penyediaan jerigen penampung, pihak Sudin LH Jakarta Selatan bekerja sama dengan Yayasan Rumah Sedekah Sosial Kutub.

Sementara itu Direktur Eksekutif Rumah Sosial Kutub Suhito menjelaskan, baru 300 jerigen yang telah diberikan ke warga. Ia pun menargetkan setiap bulan sebanyak 500 jerigen akan disebar ke warga nantinya.

“Daripada dibuang percuma, lebih baik kita tampung minyak jelantah hasil masak di rumah,” tandasnya. (hop)