Remarkable Indonesia

Kastara.ID, Jakarta – Indonesia berpartisipasi dalam pameran Pameran Makanan dan Minuman International Food and Beverage Trade Show/Salon International de’alimentation (SIAL) 2019 dalam rangka peningkatan ekspor produk-produk makanan dan minuman di pasar Kanada. Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ottawa bekerjasama dengan Indonesian Trade Promotion Centre Vancouver (ITPC Vancouver) memfasilitasi keikutsertaan sebanyak 6 perusahaan eksebitor dalam pameran makanan dan minuman (Salon International de L’Alimentation) tanggal 30 April-2 Mei 2019 di Toronto, Kanada.

Pameran dimaksud diikuti sekitar 1000 eksebitor yang berasal dari 49 negara, diperkirakan sekitar 18.000-19.000 visitors hadir dalam pameran SIAL 2019.

Salon International de L’Alimentation (SIAL) merupakan pameran terbesar produk makanan di Kanada. Sebagai wadah pertemuan antara buyers, importers, food services, manufactures dan lain-lain terkait bisnis makanan. Pameran ini merupakan program tahunan yang memperkenalkan produk-produk makanan dan minuman serta produk-produk yang terkait dengan produk-produk makanan dan minuman.

Keikurtsertaan Indonesia dalam pameran dimaksud sangat penting dalam rangka meningkatkan ekspor produk-produk makanan dan minuman Indonesia ke Kanada. Pameran pada tahun 2019  merupakan penyelenggaraan yang ke-16 di Toronto.

Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi dalam pameran SIAL dimaksud yaitu PT Eragano Agritech Indonesia, PT Rodamas Inti International, Jan Enterprises Corporation, PT Mayora Indah Tbk, PT Infofood Sukses Makmur, PT Mustika Ratu Tbk, dan Taman Sari Royal Heritage Kanada. Semua perusahaan dimaksud mempromosikan produk-produk makanan dan minuman Indonesia.

Melalui pameran dimaksud para eksebitor Indonesia masing-masing mempromosikan produk-produk unggulannya seperti keripik singkong, keripik kentang, keripik buah naga, permen kopi, santan kelapa, tepung goreng, minuman, indomie goreng, dan sebagainya.

Pada Pameran SIAL 2019, pejabat KBRI Ottawa yang hadir mendampingi para eksebitor Indonesia adalah Atase Perdagangan Christhophorus Barutu dan Koordinator Fungsi Ekonomi Yulastiawarman Zakaria.

Atase Perdagangan KBRI Ottawa Christhophorus Barutu menyampaikan bahwa pasar Kanada merupakan pasar potensial bagi  produk-produk makanan dan minuman Indonesia, mengingat  demand terhadap produk-produk dimaksud yang semakin tinggi dari waktu ke waktu. Atase Perdagangan KBRI Ottawa mendorong para pelaku usaha makanan dan minuman Indonesia untuk menjaga/meningkatkan kualitas dan inovasi produk serta memenuhi ketentuan food safety Kanada yang menjadi prioritas konsumen Kanada dalam rangka mendapatkan pangsa pasar yang signifikan di pasar Kanada terkait produk makanan dan minuman.

Para eksebitor produk makanan dan minuman Indonesia yg berpartisipasi dalam pameran dimaksud menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Indonesia atas fasilitasi dan kesempatan yang diberikan dalam rangka keikutsertaan dalam pameran dimaksud.​ (rya)