Keong Emas

Kastara.ID, Jakarta – Tradisi mudik sangat lekat dengan Hari Raya Idul Fitri. Namun tidak semua Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat menjalankan mudik. Cuti bersama Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah ditetapkan pemerintah pada 3, 4, dan 7 Juni 2019. Hal tersebut dijelaskan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 13 Tahun 2019 tentang cuti bersama PNS 2019.

Bagi ASN yang tidak mudik, jangan khawatir untuk menghabiskan waktu libur Lebaran. Banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi untuk menikmati libur lebaran bersama keluarga. Berikut ada lima rekomendasi obyek wisata di Jakarta:

1. Kebun Binatang Ragunan
20190607 Ragunan

Kebun Binatang Ragunan masih menjadi favorit warga Jakarta untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Taman seluas 147 hektar ini memiliki lebih dari 2.000 ekor satwa serta ditumbuhi lebih dari 20.000 pohon membuat suasana lingkungannya sejuk dan nyaman.

Di sini, Anda bisa menjajal sensasi menunggang gajah dan onta hanya dengan tiket Rp 7.500 per orang. Tak ketinggalan, biasanya juga ada atraksi berbagai satwa yang menghibur.

Ragunan juga memiliki pusat primata berkelas internasional, yakni Pusat Primata Schmutzer. Anda bisa melihat berbagai jenis primata di Indonesia, seperti orangutan, gorilla, simpanse, dan jenis-jenis primata langka dari dalam dan luar negeri lainnya.

Tempat rekreasi ini bisa menjadi salah satu pilihan wisata murah. Harga tiket masuk Dewasa hanya Rp 4.000 per orang, sementara anak-anak Rp 3.000 per orang.

2. Taman Mini Indonesia Indah

20190607 TMII 1

TMII merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Luas areanya kurang lebih 150 hektare. Di sini Anda dapat melihat-lihat berbagai macam bangunan-bangunan rumah adat dari 33 provinsi di Indonesia. Selain itu, ada juga wahana air yang baru dibuka tahun lalu, yakni SnowBay Waterpark.

SnowBay Waterpark menyediakan berbagai fasilitas wisata air yang menyajikan bermacam tantangan air yang seru dan menegangkan, seperti kolam ombak, kolam arus, dan seluncuran kembar dengan kecepatan 50 kilometer per jam. Tiket masuk untuk weekend dan hari libur seharga Rp 180.000.

Adapun tiket masuk TMII dipatok sebesar Rp 20.000 untuk semua hari, termasuk hari libur. Namun, untuk menikmati wahana di dalamnya, Anda harus membeli tiket lagi, seperti Taman Legenda Keong Mas seharga Rp 20.000-Rp 30.000, naik kereta gantung Rp 40.000-Rp 50.000, dan lainnya.

3. Kota Tua

20190607 Kota Tua

Salah satu destinasi wisata favorit di Jakarta lainnya adalah Kawasan Kota Tua. Kawasan ini memiliki beberapa bangunan cagar budaya, yakni Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Keramik, Gedung Pos Indonesia bersama beberapa gedung tua lainnya.

Bangunan-bangunan khas Belanda itu biasanya menjadi objek foto atau latar foto favorit para pengunjung. Lokasi wisata sejarah yang berada di Jakarta Barat ini juga mudah dijangkau dengan berbagai moda transportasi umum, seperti KRL atau bus TransJakarta.

4. Monumen Nasional (Monas)

20190607 Monas

Ikon kota Jakarta ini memiliki tinggi 132 meter yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintah kolonial belanda. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Selain melihat-lihat diorama sejarah nasional, Anda juga bisa menyaksikan panorama indah dari Kota Jakarta melalui fasilitas teropong yang ada di puncak monumen.

Harga tiketnya juga cukup terjangkau, yakni Rp 20.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

5. Taman Impian Jaya Ancol

20190607 Ancol

Libur lebaran hal paling mengasyikkan tentu saja mengunjungi tempat wisata bersama keluarga atau kerabat. Salah satu destinasi yang kerap dikunjungi masyarakat ialah Taman Impian Jaya Ancol yang berletak di Jakarta Utara.

Tempat wisata seluas 552 hektare ini memiliki sistem integrasi obyek wisata sehingga masyarakat tak perlu repot-repot keluar-masuk area.

Beberapa obyek wisata di Taman Impian Jaya Ancol di antaranya pantai dan taman. Ada beberapa pantai yang membentang, yakni pantai Lagoon, Festival, Indah, Beach Pool dan Carnaval, serta Danau Impian, sepanjang kurang lebih 6,5 kilometer.

Selain itu, pengunjung bisa menikmati wahana bermain Dunia Fantasi (Dufan), wisata air Atlantis, underwater aquarium Sea World, Ocean Dream Samudra, Putri Duyung Cottages, Marina, Pasar Seni, Gondola, dan lain sebagainya.

Namun demikian, bagi Aparatur Sipil Negara yang menghabiskan libur lebaran dengan mudik ke kampung halaman, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak melanggar aturan setelah menjalani libur Lebaran.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, telah mengeluarkan surat resmi nomor N/26/M.SM.00.01/2019 tentang Laporan Hasil Pemantauam Kehadiran Aparatur Negara Sesudah Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Surat yang ditandatangani Menteri PANRB Syafruddin tersebut, meminta para pejabat pembina kepegawaian, baik instansi pusat atau daerah untuk memantau kehadiran ASN pada hari pertama masuk kerja setelah cuti bersama Hari Lebaran, yaitu pada 10 Juni 2019. ASN yang tidak masuk kerja tanpa alasan sah pada hari tersebut, akan dijatuhi sanksi hukuman disiplin. (rya)