MotoGP 2021(motogp.com)

Kastara.ID, Barcelona – Pembalap Repsol Honda Marc Marquez menjadi pembalap dengan lap terbanyak di satu hari tes resmi MotoGP di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, kemarin (7/6).

Tes digelar satu hari setelah balapan. Pada balapan sebelumna, Marquez hanya sempat bertahan tujuh lap, sebelum akhirnya terjatuh dan gagal finis.

Setelah balapan itu, Marquez justru tampil lebih segar dan fit pada tes di Barcelona.

Bahkan juara dunia delapan kali itu menjadi pebalap yang paling banyak melahap lap di Sirkuit Catalunya, dengan total 87 lap.

Menguji banyak hal di motor, termasuk fairing baru dan beberapa bagian penting lainnya. Badannya babak belur, menderita tapi butuh seperti ini.

“Saya hancur. Hari ini saya menderita, tapi saya membutuhkan hari seperti ini di mana saya hanya bisa berkendara. Saya mencoba beberapa hal, tapi yang penting bagi saya adalah berkendara, mengahabiskan lap demi lap, dan hanya itu,” papar Marquez seperti dilansir Motosan.

“Awalnya tidak buruk, tapi pada sore hari saya memilih untuk tidak ngotot dan hanya berkendara. Sekarang saatnya beristirahat dan mengambil langkah lain dalam hal kondisi fisik, hari ini akan menjadi penting untuk masa depan,” jelas Marquez.

Ada banyak hal yang diuji Marquez, termasuk sayap bawah pada fairing.

“Salah satu hal yang telah kami kerjakan adalah aerodinamis, karena kami memiliki kemungkinan untuk melakukan homologasi yang baru. Sejujurnya, saya merasakan perbedaan kecil, tapi bisa berguna untuk mendapat fairing yang membantu kami di sirkuit yang lebih cepat.

Saya telah mencoba banyak hal, saya punya motor ‘hitam’, tapi itu bukan prototipe, sangat mirip dengan yang saya kendarai sekarang, tapi untuk memverifikasi beberapa konsep untuk ke depannya. Kami akan mengerjakannya lagi di tes Misano berikutnya,” jelas Marquez.

Marquez pun sedikit membocorkan mesin baru Honda-nya.

“Saya tidak bisa lebih spesifik atau mereka akan membunuh saya! Mesinnya sama, hanya ada sedikit perbedaan keseimbangan. Saya membuat perubahan besar setiap kali saya mencapai trek untuk memahami masalah dan arah mana yang harus ditempuh. Itu bukan hari yang buruk, saya bisa berkendara lebih baik dari pada balapan akhir pekan dan itu positif,” pungkas Marquez.

Balapan MotoGP berikutnya akan berlangsung di Jerman, Ahad (20/6) mendatang. (tra)