Pelayanan Kependudukan

Kastara.id, Jakarta – Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh, mengajak pihak swasta bekerjasama dalam pemanfaatan data kependudukan.

Menurut Zudan, saat ini Kemendagri sudah melakukan kerjasama dengan 234 lembaga. “Masih ada 110 lembaga lagi yang sedang kita selesaikan perjanjian kerjasamanya,” ujar Zudan dalam keterangannya, Selasa (8/8).

Zudan mengungkapkan, sudah banyak lembaga yang mengakses data Kemendagri. “BPJS Kesehatan kurang lebih 84 ribu kali mengaksesnya. Jadi dalam banyak hal pemerintah dan swasta tidak harus berkompetisi tapi bersinergi dalam manajemen yang lebih modern,” katanya.

Ditegaskan Zudan, sinergi tersebut dapat diterapkan oleh lembaga lain tanpa memiliki data center atau pencari data. “Bayangkan jika harus mencari sendiri, berapa dana yang dibutuhkan. Sementara negara menyiapkan data secara gratis sampai nanti kebijakan lebih lanjut dari Menteri Keuangan yang menyetujui penerimaan negara bukan pajak,” ujarnya.

Zudan menambahkan, data ini lanjutnya bisa diakses sewaktu-waktu karena datanya sudah ditunggalkan. “Jika mengakses data ini maka tidak ada lagi nama ganda. Jika sudah bekerja sama, kita akan berikan password dan user id nya,” katanya. (npm)