Formula E

Kastara.ID, Jakarta – Hari Kamis (8/8) pagi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto menerima Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) DKI Jakarta Achmad Firdaus di ruang kerjanya lantai 3 Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta. Pertemuan ini dalam rangka terkait penyelenggaraan mobil balap Formula E di DKI Jakarta.

Kemenpora menurutnya sangat mengapresiasi rencana penyelenggaraan balap jet darat berbasis mobil listrik Formula E di DKI Jakarta. “Kami sangat mengapresiasi gagasan penyelenggaraan Formula E ini,” kata Sesmenpora usai bertemu Kadispora DKI Achmad Firdaus.

Pertemuan ini juga menurutnya juga untuk penyampaian surat Gubernur DKI Jakarta kepada Menpora mengenai rekomendasi terkait penyelenggaraan balap Formula E yang rencananya akan dilaksanakan pada musim tahun 2021 mendatang. “Pak Menpora sudah tanda tangan sebelumnya,” katanya. Terkait anggaran lanjutnya, pihak DKI Jakarta akan menggaet beberapa sponsor dan melalui anggaran daerah. “Dananya dari APBD DKI Jakarta dan sponsor tentunya,” tambah Gatot.

Meski penyelenggaraan masih tahun 2021 tetapi persiapan DKI Jakarta akan segera dimulai di tahun 2020. “Semua tetap akan dikoordinasikan tidak hanya dengan k/l terkait tapi juga kepolisian, IMI tetapi juga pihak internasional yang menanungi Formula E dan persiapannya fix tahun 2020 dan tahun depannya tinggal pelaksanaannya saja,” ujarnya.

Sementara Kadispora DKI Jakarta Achmad Firdaus sebelumnya menyebut rute yang akan dilalui pada balap Formula E masih dalam tahap pembahasan. “Masih dalam pembahasan lebih detail, wacananya di beberapa jalan protokol tertentu,” tuturnya. (lan)