Pilkada 2020

Kastara.ID, Depok – Bakal calon (balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok 2020 sekarang ini sedang menjalani tes kesehatan.

Kedua balon ini melakukan tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Hasan Sadikin di Jalan Pasteur No. 38 Bandung, Jawa Barat yang difasilitasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Depok, Selasa (8/9).

Ketua KPU Depok Nana Sobharna mengatakan, sesudah tahapan pendaftaran bakal pasangan calon pada Jumat–Ahad (4-6/9), KPU Kota Depok melanjutkan tahapan pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon di RS di Bandung.

“Tanggal (8-9/9) di mana dilaksanakannya pemeriksaan bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok Tahun 2020,” kata Nana.

Nana mengatakan, pemeriksaan kesehatan dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Hasan Sadikin karena rumah sakit ini menjadi tempat pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon kepala daerah Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan pilkada serentak di Jawa Barat karena rumah sakit ini merupakan rumah sakit dengan type A sesuai yang dipersyaratkan.

“Pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok hari ini dan esok berbarengan dengan calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung dan Sukabumi,” ucap Nana.

Nana menyebutkan, standar pemeriksaan kesehatan bagi calon kepala daerah meliputi  Kesehatan Medik-Fisik-Psikiatri, Kesehatan Psikologi serta Bebas Penyalahgunaan Narkotika dan Psikotropika.

Keputusan Ketua KPU Republik Indonesia (RI) Nomor: 412/PL.02.2-Kpt/06/KPU/IX/2020 tentang Pedoman Teknis Standar Kemampuan Jasmani DAN Rohani serta Standar Pemeriksaan Kesehatan Jasmani, Rohani dan Bebas Penyalahgunaan Narkotika dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020.

Sebelum dilakukan pemeriksaan kesehatan sesuai dengan standar pemeriksaan di atas, calon kepala daerah terlebih dahulu menjalani pemeriksaan PCR Swab.

“Kami berharap semua calon yang sedang melakukan pemeriksaan kesehatan ini dalam kondisi yang fit dan sehat selalu, sampai pada akhirnya nanti dinyatakan sehat oleh tim dokter pemeriksa,” kata Nana. (*)