Jakarta

Kastara.ID, Jakarta – Sebuah penelitian yang dilakukan Superdry baru-baru ini menempatkan Jakarta sebagai salah satu kota yang paling banyak ditonton pengguna aplikasi TikTok. Dalam penelitian itu Jakarta menempati urutan keempat di bawah Seoul dan Dubai. Sedangkan kota terbanyak ditonton adalah New York.

Kepopuleran TikTok memang melejit dalam beberapa saat terakhir. Aplikasi buatan China itu kerap menjadi pilihan banyak orang untuk mencari referensi berbagai hal, termasuk sebagai inspirasi traveling. Hal ini pula yang mendasari Superdry, salah satu brand fashion kenamaan asal Inggris membuat sebuah penelitian mengenai kota yang paling banyak ditonton pengguna aplikasi TikTok.

Perusahaan multimedia dan entertainment asal Amerika Serikat (AS) Refinery29 turut berkomentar atas hasil penelitian Superdry yang menempatkan New York sebagai kota paling banyak ditonton pengguna TikTok. Refinery29 mengungkapkan, keberadaan New York tak lepas dari beberapa gedung atau bangunan di salah satu kota tersibuk di dunia itu. Refinery29 mencontohkan bangunan ikonik Empire State Building.

Selain itu, Central Park yang sering muncul dalam alunan lagu ‘Empire State of Mind’ juga menjadi salah satu kota yang luar biasa menarik perhatian pengguna TikTok. Hal itu menjadikan New York ditonton sebanyak 114 juta kali.

Pada urutan kedua kota yang paling banyak ditonton adalah Seoul. Ibukota Korea Selatan itu ditonton total 106,5 juta orang. Diikuti Dubai, kota di Uni Emirat Arab (UEA) di posisi ketiga dengan 62,7 juta views

Ibukota Indonesia, Jakarta berada di urutan keempat dan ditonton sebanyak 37,1 juta views. Hasil tersebut menjadikan Jakarta mengungguli kota-kota besar lain di dunia, seperti Paris, Tokyo, dan Meulborne.

Daftar 10 kota besar yang paling banyak ditonton di TikTok:
1. New York, Amerika Serikat – 114 juta views
2. Seoul, Korea Selatan – 106.5 juta views
3. Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) – 62.7 juta views
4. Jakarta, Indonesia – 37.1 juta views
5. Ho Chi Minh City, Vietnam – 32.6 juta views
6. Paris, Prancis – 27.2 juta views
7. Buenos Aires, Argentina – 16.2 juta views
8. Tokyo, Japan – 13.1 juta views
9. Bogota, Colombia – 12.4 juta views
10. Melbourne, Australia – 11 juta views. (ant)