Pintu Air Manggarai

Kastara.ID, Jakarta – Hujan deras yang mengguyur wilayah DKI Jakarta, pada Ahad (7/11) siang membuat Pintu Air Manggarai sempat berstatus waspada atau siaga 3 pada pukul 16.00 WIB, dengan tinggi muka air (TMA) mencapai 765 sentimeter.

Namun, informasi dari Pusdatin Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan, sejak pukul 18.00 WIB, Pintu Air Manggarai kembali dalam kondisi normal atau siaga 4 dengan TMA setinggi 695 sentimeter dengan cuaca mendung.

Adapun upaya yang telah dilakukan pihak BPBD DKI Jakarta di antaranya penyebaran informasi melalui media sosial serta pemberitahuan kepada camat dan lurah.

Sementara Kepala Satuan Pelaksana Wilayah Kerja Jakarta Pusat Unit Pengelola Kebersihan (UPK) Badan Air, Farry Andiko mengatakan, saat ini debit air maupun sampah di Pintu Manggarai masih dalam kondisi normal dan kondusif.

“Kami mendapatkan informasi Pintu Air Depok saat ini berstatus Siaga 2 sehingga diperkirakan tiga sampai empat jam ke depan sampah kiriman akan tiba di Pintu Air Manggarai,” ujar Farry semalam (7/11).

Menurutnya, untuk antisipasi sampah yang terbawa aliran dari Pintu Air Depok, saat ini telah disiapkan tiga alat berat dan tujuh truk pengangkut sampah di Pintu Air Manggarai. (hop)