Festival Perahu Naga 2019

Kastara.ID, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris secara simbolis membuka Festival Perahu Naga yang ke-5 tahun 2019 di Situ Jatijajar, Kecamatan Tapos, Depok, Ahad  (8/12).
Dalam perlombaan yang digelar Dinas Pemuda Olahraga Seni Budaya dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok ini diikuti dari Kota Depok, Tangerang, Purwakarta, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Karawang, Garut, Subang, Sukabumi, dan lainnya.

“Festival ini diikuti 39 tim dayung dengan tujuan mempromosikan destinasi wisata situ sekaligus memasyarakatkan olahraga dayung,” kata Kepala Disporyata Kota Depok Wijayanto.

Ditambahkan Wijayanto, kegiatan ini juga berdampak pada pemberdayaan ekonomi, terutama para pelaku UMKM di area sekitar situ. Wijayanto juga mengaku akan mengusulkan kegiatan Festival Perahu Naga ini bisa menjadi event nasional. “Ke depan sudah kita daftarkan kegiatan ini ke tingkat provinsi dan tingkat nasional,” ujarnya.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, Kota Depok berkomitmen untuk terus menjaga dan melestarikan keberadaan situ yang saat ini jumlahnya sebanyak 23 situ.

“Dari 23 situ, hanya 10 situ yang masih bisa ditata dengan baik, antara lain Situ Jatijajar. Kita akan usulkan anggaran penataan situ ke pemerintah provinsi, serta mengusulkan penganggaran penataan ke DPRD Depok. Penataan situ akan berimplikasi dengan olahraga dayung di Kota Depok,” kata Idris.

Idris berharap ke depan untuk penataan situ supaya lebih baik lagi, sehingga berdampak positif pada pemberdayaan ekonomi masyarakat di sekitar situ, dan umumnya untuk warga Depok. (*)