Verifikasi FaktualRapat Pleno Terbuka KPUD Kota Depok. (Foto: Rudi Irwanto/Kastara.ID)

Kastara.id, Depok – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kota Depok resmi mengumumkan hasil verifikasi faktual 16 partai politik yang ada di Kota Depok. Pengumuman tersebut disampaikan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi di Hotel Bumi Wiyata, Depok (9/2).

“Ada satu partai yang kami nyatakan tidak lulus verifikasi, yaitu Partai Bulan Bintang. Jadi total partai yang lolos ada 15 partai politik,” kata Ketua KPUD Kota Depok Titik Nurhayati.

Menurut Titik, untuk hasil rekapitulasi Partai Bulan Bintang bisa dilihat nanti di Jawa Barat apakah lolos atau tidak. “Nanti coba kita lihat hasil rekap tanggal 11 Februari 2018 dan nasional yang akan ditetapkan sekitar 18 Februari 2018 mendatang,” katanya.

Titik juga menjelaska terkait adanya sejumlah parpol yang tidak memenuhi syarat yang jumlahnya bervariasi. “Salah satunya pada saat di lapangan yang bersangkutan menyampaikan tidak bersedia menjadi anggota parpol. Ada juga yang tidak bisa menunjukkan KTP elektroniknya, jadi hanya KTA nya saja atau ada ketidaksesuaian antara KTP elektronik dan KTA nya. Juga diduga masih ada yang berstatus TNI/Polri,” ujarnya.

Dalam menetapkan partai poltik sebagai peserta pemilu di tahun 2018 dan 2019, ada beberapa tahapan yang harus dilalui setiap parpol. Untuk penetapannya, KPU RI masih akan menunggu hasil rapat pleno dari masing-masing kabupaten Kota dan Provinsi.

Terkait pada pelaksanaannya nanti, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok Dadang Wihana mengatakan, KPU dan Panwaslu telah memiliki pengalaman dalam pelaksanaan pemilu sehingga tinggal mengadopsi agar kegiatan pesta demokrasi berjalan lancar, aman, nyaman, dan penuh suka cita. “Kehadiran partai politik baru tentunya diharapkan dapat menambah khasanah kegiatan Pemilu tahun 2019 mendatang,” katanya.

Ditambahkan oleh Dadang, Pemkot Depok juga telah memberikan bantuan anggaran politik. Jadi ada kenaikan dari tahun lalu yang hanya Rp 1.030/satu suara menjadi Rp 1.300/satu suara. (rud)