Hari Pers Nasional 2018

Kastara.id, Jakarta – Dalam Hari Pers Nasional 2018, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengajak insan pers untuk rutin mengecek dan menjaga kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Menkes saat meninjau stan pemeriksaan jantung sebelum menghadiri acara Hari Pers Nasional, yang ada di lapangan parkir Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, di Padang, Jumat (9/2), seperti disampaikan dalam keterangan Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes.

Menkes mengatakan, jam kerja pers yang tidak tentu dan adanya deadline yang ketat dapat berpotensi mengganggu kesehatan. Oleh karenanya para jurnalis diimbau untuk rutin cek kesehatan.

“Dua puluh persen itu penyakit dipengaruhi oleh perilaku. Ayo wartawan Indonesia jaga kesehatan. Selamat Hari Pers Nasional ya,” ungkap Menkes.

Stan jantung ini didirikan sebagai partisipasi RS M. Jamil dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat pada pertemuan akbar insan pers. Stan terdiri dari 10 kamar pemeriksaan untuk pria dan wanita. Selain itu juga ada pemeriksaan untuk gula darah, jantung, kolesterol, dan tekanan darah. Stan pemeriksaan ini buka selama tiga hari. Selain perawat dan dokter umum, juga ada dokter spesialis jantung.

Sampai hari kedua kemarin sebanyak 600 pasien yang terdiri dari warga masyarakat sudah memeriksakan diri ke sini. Dari jumlah itu, 30% di antaranya ditemukan hipertensi dan lebih dari 10% diabetes.

Menkes Nila menyambut baik pmeriksaan ini sebagai bentuk deteksi dini. Menurut Menkes masyarakat sudah mau memeriksakan diri. “Saya kira ini satu hal yang baik menggugah masyarakat agar sadar bahwa ternyata umumnya orang ada hipertensi,” kata Menkes. (nad)