Kampung Melayu

Kastara.ID, Jakarta – Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, menyediakan lima posko pengungsian untuk warga terdampak banjir di RW 04, 05, 06, 07, dan RW 08.

Lurah Kampung Melayu Setiyawan mengatakan, lima posko pengungsian disiagakan di aula kantor kelurahan, SDN Kampung Melayu, Aula Masjid Ittihadul Ikhwan RW 08, Pos RW 07, dan Aula Masjid Ruhul Islam RW 07. Hingga kini tercatat sebanyak 200 kepala keluarga (KK) atau sebanyak 615 jiwa mengungsi di lima lokasi pos pengungsian tersebut.

“Rinciannya 332 orang dewasa, 63 lansia, 122 anak-anak, dan 98 balita. Para pengungsi merupakan warga dari lima RW yang terdampak banjir luapan Kali Ciliwung. Sisanya memilih bertahan di lantai dua rumah mereka,” ujar Setiyawan, semalam (8/2).

Dikatakan Setiyawan, banjir masih merendam permukiman warga di lima RW tersebut dengan ketinggian bervariasi antara 40 sampai 275 sentimeter.

Menurutnya, Sudin Sosial Jakarta Timur sudah mengirimkan bantuan 600 boks makanan siap saji siang tadi. Kemudian menyusul 800 boks dari PMI pada sore hari.

“Petugas PPSU dan aparatur kelurahan turun membantu evakuasi warga, mendistribusikan bantuan, dan membersihkan lingkungan dari sampah supaya tidak menyumbat aliran air,” tandasnya. (hop)