Virus Corona

Kastara.ID, Jakarta – Juru bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, jumlah pasien positif virus corona bertambah, dari semula empat orang menjadi enam. Saat memberikan keterangan di Istana Presiden, Jakarta (8/3), pria yang akrab disapa Yuri ini menjelaskan dua kasus terakhir adalah dua orang pria masing-masing berusia berusia 55 dan 36 tahun yang dinyatakan positif.

Yuri menambahkan hal, ini setelah pihaknya menerima hasil pemeriksaan lanjutan dari kluster Jakarta. Seperti empat kasus sebelumnya, hasil pemeriksaan menunjukkan pasien kelima positif terjangkit virus corona atau Covid-19.

Sedangkan pasien adalah imported case. Pasalnya pasien adalah anak buah kapal (ABK) yang bekerja di Kapal Pesiar Diamond Princess. Pasien diketahui tertular virus penyakit mematikan saat berada di Jepang. Yuri menambahkan, saat ini kondisi kedua pasien stabil. Keduanya tidak mengalami gangguan seperti batuk, pilek, atau demam.

Terkait pasien yang dinyatakan suspect atau diduga terjangkit virus corona, Yuri menyebut jumlahnya 23 orang. Dua pasien terakhir saat ini sudah diisolasi di RS Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Dan satu lagi, seorang ABK Kapal Pesiar Diamond Princess juga telah diisolasi di RS Persahabatan, Jakarta. Keduanya berasal dari Bali. Sedangkan lima orang kini menjalani perawatan di RS Pusat Infeksi (RSPI) Suliyanti Saroso, Jakarta. Namun Yuri enggan menjelaskan secara rinci terkait pasien suspect corona yang lain. (hop)